Syekh ‘Umar Hamdan

0

Syekh ‘Umar Hamdan atau lengkapnya Syekh ‘Umar Bin Hamdan Bin ‘Umar Bin Hamdan Bin Ahmad Al-Mahrasi lahir di Jirbah, Tunisia, pada tahun 1292 H/1875 M. Melihat tahun kelahirannya, beliau seangkatan dengan Habib ‘Ali Bin ‘Abdurrahman Al-Habsyi, Habib ‘Alwi Bin Thohir Al-Haddad, Hadlratussyekh KH. Hasyim Asy’ari, Syekh Sulaiman Ar-Rasuli, dan banyak lagi tokoh ulama terkemuka lainnya. Sebagian mereka mempunyai guru yang sama. Aktivitas keilmuan Syekh ‘Umar Hamdan dilalui dalam masa yang panjang dan melewati berbagai kota dan negeri. Saat berusia 7 tahun, beliau dibawa ayahnya berangkat ke ibu kota negara yang terletak di Afrika Utara itu, iaitu kota Tunis.

Beliau adalah Abu Hafs ‘Umar Ibn Hamdan Ibn ‘Umar Ibn Hamdan Al-Mahrasi At-Tunisi Al-Maghribi Al-Madani Al-Makki, lahir di Maroko pada tahun 1292 H dan meninggal di Madinah tahun 1368 H/1949 M. Keluarganya hijrah ke Madinah dari negerinya sehingga Syekh bisa banyak belajar kepada beberapa Syekh Besar di kota itu.

Beliau tumbuh dalam lingkungan keluarga yang dikenal keilmuan dan keutamaannya. Sejak kecil beliau telah mempelajari ilmu-ilmu agama, dimulai dengan mempelajari dan menghafal Al-Quran serta mendalami tajwidnya kepada Syekh Al-Manbaji. Lalu beliau mempelajari dasar-dasar ilmu agama yang lain daripada para ulama di sana.

Pada tahun 1303 H/1886 M dalam usia 11 tahun, beliau berhijrah bersama ayahnya ke Makkah dan sekaligus menunaikan haji.

Tahun berikutnya beliau diajak ayahnya berhijrah ke Madinah Al-Munawwarah. Beliau merasa senang dan sesuai tinggal di kota Rasulullah saw itu. Di Masjid Nabawi beliau menyempurnakan hafalan Al-Qur’an nya kepada Syekh Ibrahim Ath-Tharudi selama sekitar sati setengah tahun. Beliau juga mempelajari dan menghafal kitab-kitab matan. Di antaranya, kepada Al-‘Al-Lamah As-Sayyid Ahmad Bin ‘Ismail Al-Barzanji, Mufti Syafi’i di Madinah, beliau belajar kitab Mughni al-Labib, Al-Fiyyah Ibnu Malik (keduanya dalam ilmu nahwu, ‘grammar’ bahasa Arab) Asy-Syifa’ (karya Qadhi ‘Iyadh), dan sebahagian besar Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim. Selama 2 tahun beliau selalu mengikuti pelajaran gurunya ini.

Syekh ‘Umar Hamdan juga mengambil ilmu dari para tokoh ulama Madinah lainnya. Antara lain, Syekh Falih Bin Muhammad Azh-Zhahiri Al-Mahnawi (mufti Syafi’i di Madinah), Syekh Muhammad ‘Ali Bin Zhahir Al-Watri Al-Madani, Syekh ‘Abdul Jalil Bin ‘Abdus Salam Baradah, Sayyid Muhammad Bin Ja’far Al-Kattani, Syekh ‘Abdul Baqi Al-Anshari. Setiap mendengar kedatangan seorang alim ke Madinah, ia segera menjumpainya, meminta ijazah dan belajar kitab kepadanya.

Ketika Syekh Al-Lamah Muhammad Al-Kattani datang ke Madinah, misalnya, ia selalu menyertai dan mengambil ilmu darinya, meskipun saat itu beliau telah dikenal sebagai seorang ahli dalam fiqh Maliki dan ilmu nahwu. Rasa haus akan ilmu membuatnya tidak hanya belajar kepada para ulama laki-laki, tapi juga kepada ulama perempuan. Di antaranya ia pernah mengambil ilmu hadits dari Sayyidah Amatullah Binti ‘Abdul Ghani Ad-Dahlawi. Demikian disebutkan oleh Syekh ‘Umar ‘Abdul Jabbar ketika menjelaskan riwayat hidup Syekh ‘Umar Hamdan dalam kitabnya, Siyar Wa Tarajim, halaman 230-234.

Tidak puas hanya menimba ilmu di Madinah, beliau pun melakukan perjalanan ke Mesir dalam pengembaraan keilmuannya. Guru-gurunya di sini antaranya Syekh ‘Abdurrahman ‘Ulaisy, Syekh Muhammad Ibrahim As-Saqa, Syekh ‘Abdul Mu’thi As-Saqa, Syekh Muhammad Khaththab As-Subki As-Salafi, Syekh Ahmad Rafi’ Ath-Thahawi, Syekh Abu Muhsin Ali Bin Muhammad Al-Bablawi, Syekh Muhammad Asy-Syafi’i Azh-Zhawahari, Syekh ‘Abdurrahman Qara’ah (mufti Mesir), Qadhi Syekh Muhammad Bakhit Al-Muithi’i, Sayyid Khidhir Bin Husain At-Tunisi.

Setelah itu beliau kembali ke negerinya, Tunisia, untuk mengambil ilmu dari para tokoh ulamanya yang terkenal. Beliau mengambil ilmu antara lain daripada Syaikhul Islam Abu Hajib dan Syekh Ath-Thayyib An-Nufair. Beliau pun saling berbagai ilmu dengan para ulama di Universiti Zaitunah, antaranya Syekh ‘Asyur, Syekh Muhammad Bin Mahmud, Syekh Bairam Ath-Thayyib.

 

Tercatat Dengan Tinta Emas

Pengembaraan ilmunya tak berhenti sampai di situ. Beliau terus ke Fez, Maghribi, Maroko. Di kota tua ini beliau berbagi ilmu antara lain dengan Sayyid Al-Mahdi Al-Wazini. Beliau pun mengambil ilmu dari Sayyid Ahmad Bin Al-Ma’mun Al-Balghaitsi (wafat 1348H/1929M), pemimpin Asyraf (jamak kata syarif, keturunan Sayyidina Hasan, cucu Rasulullah saw). Juga kepada Sayyid ‘Abdurrahman Bin Zainan, Sayyid Abdul Kabir Al-Kattani dan saudaranya, Sayyid ‘Abdul Hayy Al-Kattani.

Dari sana, beliau melanjutkan perjalanan ke Damsyik, Syria, untuk tujuan yang sama. Antara para gurunya di sini ialah ahli hadits Sayyid Badruddin Al-Hasani, juga Syekh Abu An-Nadhr Al-Khattib, Syekh ‘Atha’ Al-Kasam, Syekh Muhammad Abul-Khair Abidin.

Kemudian beliau kembali ke Makkah untuk mengambil ilmu dari para ulama yang mengajar di Masjidil Haram. Beliau mengambil ilmu antara lain dari Sayyid Husain Al-Habsyi (mufti Syafi’i di Makkah, wafat tahun 1330H/1912M), Sayyid Bakri Syatha, dan Syekh Sulaiman Hasbullah. Beliau pun berbagi ilmu dengan Sayyid Abbas Al-Maliki (Datuk Sayyid Muhammad Bin ‘Alwi Al-Maliki Al-Hasani), dan Syekh Muhammad ‘Ali Al-Maliki, juga tokoh besar Makkah dan pernah mengadakan perjalanan ke Indonesia. Dalam masa ini beliau mulai mengajar di Masjidil Haram dan Madrasah Al-Falah.

Pada tahun 1343H (1924M), Syekh ‘Umar Hamdan pergi ke Aden (Yaman Selatan). Di sini, di antaranya dengan perantaraan Sayyid Muhammad Zabarah, beliau mengambil ilmu dari Imam Yahya Hamiduddin, pemimpin Yaman yang sangat terkenal. dengan perantaraan tokoh ulama di atas juga, beliau mengambil ilmu dari Qadhi Husain Al-‘Amri.

Tak puas tampaknya jika beliau tidak menimba ilmu di negeri para Sayyid, yang bernama Hadhramaut. Maka beliau pun mengadakan perjalanan ke sana dan mengambil ilmu dari para tokoh ulamanya, di samping juga mengajar di masjid-masjidnya karena beliau sendiri telah menjadi tokoh ulama yang disegani kerana ilmu dan pengalamannya.

Guru-gurunya saat di Hadhramaut antaranya Habib Abu ‘Abdillah Muhammad Bin Salim As-Siri, Habib Abdullah Bin Hadun Al-Muhdhar, Habib Musthafa Bin Ahmad Al-Muhdhar (Al-Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Muhdhar, Bondowoso), Habib Muhammad Bin Hadun As-Segaf, Habib Syekh Bin Muhammad Al-Habsyi, Habib Abdullah Bin Thohir Al-Haddad (saudara Habib ‘Alwi Bin Thohir Al-Haddad, mufti Johor). Beliau pun mengambil ilmu dari beberapa ulama perempuan, yakni Habibah Sidah Binti Habib ‘Abdullah Bin Husain Bin Thahir dan saudarinya yang lain, juga Habibah Khadijah Binti Ahmad Al-Muhdhar.

Demikianlah, beliau selalu menggali dari berbagai sumber yang dapat ditemui, dan berkelana dari satu tempat ke tempat lain. Memang begitulah tradisi dan semangat keilmuan para ulama masa itu.

Di mata guru-gurunya, Syekh ‘Umar Hamdan dikenal sebagai seorang yang memiliki pemahaman ilmu yang bagus, kecermatan, dan penguasaan berbagai disiplin ilmu. Selama di Madinah, beliau benar-benar tekun mendalami sejumlah besar kitab induk dalam berbagai disiplin ilmu seperti tauhid, fiqih, tasawwuf, tafsir, sirah nabawi, nahwu, shorof, balaghah (sastra Arab) dan sebagainya, yang dikuasai dengan sangat baik.

Semua masalah ilmu beliau pelajari, bahkan hal-hal yang sangat mendetail pun tak luput dari perhatiannya. Apa saja yang diucapkan gurunya, diperhatikannya dengan baik. Dan tak jarang beliau mendebat dan mempersoalkannya- tentu dengan cara yang santun.

Dari perjalanannya yang panjang itu, jelaslah bahawa semua pusat ilmu di Timur Tengah sudah dijelajahinya, dan tokoh-tokoh ulama terkemuka telah ditemui dan diambil ilmunya. Gurunya tercatat hampir 100 orang, jumlah yang tidak sedikit.

Beliau dihargai dan dihormati sebagai salah satu panutan dalam keilmuan, baik saat belajar mahupun mengajar. Sejarah telah mencatat namanya dengan tinta emas.

 

ANTARA MAKKAH DAN MADINAH

Setelah memiliki penguasaan ilmu yang luas dan mendalam dalam berbagai disiplin ilmu, sebahagian besar waktunya dihabiskannya untuk mengajar. Uniknya, ia membahagi waktunya antara Makkah dan Madinah. Di musim panas ia mengajar di Madinah, dengan mengadakan halaqah ilmiah di Masjid An-Nabawi, tidak jauh dari Raudhah. Halaqah-nya merupakan salah satu dari halaqah terbesar di masjid itu. Sedangkan di musim dingin, ia mengajar di Masjidil Haram, Makkah, dengan mengajar Al-Kutubus Sittah (enam kitab hadits induk).

Sejak tahun 1343 H/1924 M, ia juga mengajar di Madrasah Ash-Shaulatiyah dan kemudian di Madrasah Al-Falah, yang dijalaninya selama 5 tahun. Bukan hanya di masjid dan di madrasah ia mengabdikan dirinya dalam bidang keilmuan. Rumahnya pun tak ubahnya seperti sebuah madrasah, di situ selalu diadakan diskusi masalah2 ilmu. Para ulama memenuhi kediamannya berdiskusi tentang masalah2 keilmuan, termasuk riwayat hidup para perawi hadits, perjalanan hidup dabn perjuangan ulama, dan karya2 mereka.

Tak menghairankan jika jumlah muridnya banyak dan berasal dari berbagai penjuru dunia. Antara mereka adalah Al-Lamah Syekh Ibrahim Bin Daud Al-Fathani (ulama terkemuka dari daerah Patani, Thailand Selatan), Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani (tokoh ulama terkenal dan sangat produktif, kebanggaan kaum muslimin Indonesia, yang meskipun kelahiran Makkah, orang tuanya berasal dari Padang, Sumatera Barat, juga ahli Falak. Al-Lamah Sayyid Ahmad Bin Abdullah Bin Shadaqah Dahlan (putra Sayyid ‘Abdullah Shadaqah Dahlan, ulama terkemuka kelahiran Makkah yang wafat di Garut pada 1943M), Al-Lamah Sayyid Hasan Al-Masysyath, Sayyid Alwi Bin Abbas Al-Maliki, Sayyid Amin Kutbi, Sayyid Muhammad Nur Kutbi.

Keseharian Syekh ‘Umar Hamdan tak pernah lepas dari urusan keilmuan dan ibadah. Beliau tak memikirkan dan peduli dengan urusan dunia, lebih dari tak pedulinya anak-anak kecil terhadap urusan di luar mereka. Beliau telah merasakan kenikmatan dari kegiatannya, seperti belajar dan mengajar. Beliau juga selalu mengisi waktu-waktunya di luar itu dengan membaca al-qur’an, i’tikaf, dan muthala’ah kitab-kitab. Kesukaannya juga membeli kitab-kitab lama, terutama yang berupa tulisan tangan.

Kesibukannya mengajar di masjid, madrasah, dan rumah membuatnya tak sempat menghasilkan karya, selain komentar-komentar singkat pada kitab-kitabnya. Namun beliau memiliki catatan kecil tentang guru-gurunya dan kitab-kitab yang dipelajarinya, yang dinamainya kitab Ithaf Dzawi Al-‘Irfan Bi Ba’dh Asanid ‘Umar Hamdan.

Salah seorang muridnya, Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani, yang dikenal sebagai Musnid Ad-Dunya kerana dipandang memiliki sanad-sanad keilmuan yang terbanyak di dunia, juga menyusun kitab tentang sanad-sanad gurunya ini, Mathmah Al-Wujdan fi Asanid Asy-Syekh ‘Umar Hamdan, dalam 3 jilid, yang kemudian ia ringkas menjadi satu jilid, dengan judul kitab Ithaf Al-Ikhwan bi Ikhtishar Mathmah Al-Wujdan fi Asanid Asy-Syekh ‘Umar Hamdan.

Setelah puluhan tahun mengabdikan dirinya dalam dunia keilmuan, pada 9 Syawwal 1368H (4 Agustus 1949 M), Syekh ‘Umar Hamdan kembali ke hadhirat ALLAH SWT di Madinah dan dimaqamkan di Baqi’. Semoga ALLAH mengangkatnya ke kedudukan yang tinggi. Amin. Al-fatihah.

Guru-Gurunya

Sebagian guru-guru beliau dan mendapatkan sanad adalah :

  1. Syekh Al-Muhadits Al-Musnad Abu Hasan Ali Ibn Dhohir Al-Witri al-Madani Al-Hanafi (1261 – 1322 H), Syekh ini telah mendapatkan ijazah dari para muhadits besar ketika berumur 17 tahun dan melakukan perjalanan untuk menuntut ilmu dari Madinah ke Mekkah, lalu Mesir, Maghrib, Tunisia, Aljazair, dan lainnya. Insya Allah akan ada biografi khusus tentang beliau rahimahullahu.
  2. Syekh Abdullah Al-Nablusi, sebagaimana disebutkan dalam sanadnya untuk Muwatho dibawah.
  3. Syekh Abi Yushra Falah Ibn Muhammad Dhahiri Al-Madani, bapak Syekh Ali Ibn Falah Al-Dhohiri, Syekh meriwayatkan darinya sebagaimana disebutkan dalam Al-Musalsal al-Fadani.
  4. Syekh Shalih Ibn Abdullah As-Sanari Al-Maki, Syekh meriwayatkan darinya sebagaimana disebutkan dalam Al-Musalsal al-Fadani.
  5. Syekh Al-Muhadits Al-Lamah As-Sayyid Muhammad Amin Ibn Ahmad Ridwan Al-Madani (w. 1329 H) pengajar di Mesjid Nabawi.
  6. Syekh Al-Muhadits Al-Musnad Sayyid Abu Abdullah Muhammad Ibn Jafar al-Katani Al-Fasi, belajar kepadanya bersama Syekh Al-Hafizh Al-Musnad Abdul Hayy Abdul Kabir al-Katani.
  7. Syekh Al-Alamah Ahmad Ibn Syam Asy-Syanqithi Al-Maghribi, Syekh meriwayatkan darinya sebagaimana disebutkan dalam Al-Musalsal al-Fadani.
  8. Sayyid Ahmad Ibn Ismail Al-Barzanji, Syekh meriwayatkan darinya sebagaimana disebutkan dalam Al-Musalsal al-Fadani.
  9. Syekh Muhammad Mahfudz Ibn Abdullah At-Turmusi Al-Jawi al-Indunisiyi (w. 1338 H),dan lain-lain.

Orang-Orang Yang Seangkatan

Beberapa Syekh terkenal sezaman dengan beliau, baik setelah Raja Abdul Aziz Alu Sa’ud menguasai Hijaz maupun sebelumnya, diantaranya:

  1. Syekh Al-Hafizh Al-Musnad Abdul Hayy Abdul Kabir al-Katani, beliau menyebut Syekh ‘Umar Hamdan, ”… bersama sahabat kami Abu Hafs ‘Umar Ibn Hamdan…” dalam Fahras-nya yang terkenal. Kadang beliau menyebutnya, ”al-Faqih, al-’alim, al-muhadits.”
  2. Syekh Abdurrahman Al-Ifriki, mudir Dar Hadits Madinah.
  3. Syekh Abu Samah Abdul Dhohir, Imam Masjidil Harom, dan Mudir Dar Hadits Mekkah.
  4. Syekh Muhammad Abdurrazak Hamzah, Imam Masjidil Harom dan Nabawi sekaligus juga mudir Dar Hadits Mekkah.
  5. Syekh Al-Muhadits Muhammad Abdul Baqi, Syekh Yasin Fadani selalu menggandengkan dengannya dalam musalsalnya..
  6. Syekh Al-Alamah Abdurrahman Al-Mu’alimi. Dan lain-lain.

Murid-Muridnya

Syekh mengajar di Masjidil Harom, dirumahnya di Madinah, di Madrasah As-Shulatiyyah, dan Madrasah Al-Falah, mengajar hadits, Fiqh Maliki dan lainnya.

Murid beliau sangat banyak, sebagian diantara yang mendapat sanad darinya adalah :

  1. Syekh Alawi Ibn Abbas Al-Maliki (w. 1391 H), beliau kemudian membuka pengajian di Masjidil Harom dan Madrasah Al-Falah.
  2. Syekh Muhammad Amin Al-Kutbi (w. 1404 H), beliau adalah rekan Syekh Alawi dan pengajar di Madrasah Al-Falah dan Masjidil Harom.
  3. Syekh Abdul Fatah Ibn Husein Rawah (w. 1424 H), beliau pernah menjadi pengajar di Mesjidil Harom di Bab as-Salam.
  4. Syekh Al-Musnad Abi Faid Muhammad Yasin Bin Isa Bin Udiq Al-Fadani Al-Indunisiyi asy-Syafi’i (lahir 1335 H / 1916 M, meninggal dunia di Mekah, 1410 H / 1989 M). Dalam kitab beliau Al-‘Ajalah fi Al-Hadits Al-Musalsalah disebutkan beberapa sanad dari berbagai jalur melalui Syekh ‘Umar Hamdan. Pada musalsal no. 84 beliau berkata, “Mengkhabarkan kepada kami Al-Al-Lamah Asy-Syekh ‘Umar Hamdan Al-Mahrusi dan Syekh Muhammad Abdul Baqi, tiap-tiap keduanya dari Sayyid Ali Ibn Dhohir Al-Witri dari Abdul Ghani Ad-Dahlawi dari Muhammad ‘Abdin As-Sindi.
  5. Syekh Husein ‘Abdul Ghani Ibn Abdurrahman Al-Falimbani (w. 1399 H), pengajar di Masjidil Harom yang berasal dari Palembang, Sumatera Indonesia, diantara guru beliau yang lainnya adalah Syekh Al-Muhadits Al-Musnad Abdul Sattar Al-Dahlawi dan Muhadits Perempuan Amatullah Binti Abdul Ghani Ad-Dahlawi.
  6. Syekh Ahmad Al-Gh’Umari ‘Ibn Muhammad Ibn al-Siddiq Al-Gh’Umari (w. 1380 H), beliau menceritakan biografi Syekh ‘Umar Ibn Hamdan dalam fahrisah-nya.
  7. Syekh ‘Abdullah ‘Ibn Muhammad Ibn Al-Siddiq Al-Gh’Umari (w. 1413 H), kedua orang ini (6 dan 7) tinggal di Tangier (Thanjah), Maroko.
  8. Syekh Abu Ahmad Hasan Bin Muhammad Bin ‘Abbas Bin ‘Ali Bin ‘Abdul Wahid al-Masyath al-Makki al-Maliki (w. 1399 H), Syekh Hasan al-Masyath telah meninggalkan berbagai karangan antaranya “al-Jawhar ats-Tsaminah”, “at-Tuhfah ats-Tsaniyyah”, “al-Bahjah as-Saniyyah” dan banyak lagi. Beliau wafat di Makkah pada hari Rabu, 7 Syawwal 1399 H.
  9. Syekh Al-Al-Lamah Hijaz Ahmad Ibn Muhammad as-Surkati, pendiri Al-Irsyad di Indonesia.
  10. Syekh Sayyid Muhsin Bin Ali Bin Abdur Rahman al-Masawi. (lahir 1323 H / 1905 M dan wafat di Mekah, 1354 H / 1935 M). Beliau adalah kelahiran Palembang, Indonesia dan salah satu murid dari Syekh Abdul Hayy Bin Abdul Kabir al-Katani al-Fasi. Kemudian pada tahun 1352 H/1933 M, Syekh Muhsin al-Masawi mengasaskan Madrasah Dar al-Ulum ad-Diniyah di Syu’ib Ali, Mekah, dan dikenal dengannya.
  11. Syekh Abu Turab Adh-Dhohiri (w. 1423 H), yang merupakan putra Syekh Al-Musnad Abdul Haq Al-Hasyimi.
  12. Syekh Al-Muhadits Al-Musnad Muhammad Ibn Ibrohim Al-Khatani, yang juga murid dari Syekh Al-Muhadits Abdul Baqi Al-Ayubi Al-Mazani, dan lain-lain. Beliau menceritakan biografi Syekh ‘Umar Hamdan dalam kitabnya, ’Mu’jam Syekhuhu”.

 

Sanad Syekh

Berikut ini contoh sanad Syekh ‘Umar Hamdan rahimahullahu untuk Muwatho Malik riwayat Yahya Ibn Yahya Al-Laitsi, dari jalan Syekh ‘Umar Falatah rahimahullahu dari jalan Syekh Al-Muhadits Al-Musnad Muhammad Ibn Ibrohim Al-Khatani, yang diriwayatkan darinya oleh banyak MaSyekh yang sampai kepada kita. Mereka berkata :

أخبرنا شيخنا عمر بن محمد فلاته إجازة , عن شيخه العلامة المحدث محمد بن إبراهيم بن سعد الله الفضلي الختني , عن العلامة محدث الحرمين عمر بن حمدان المحرسي , عن عبدالله بن عودة القدومي النابلسي , عن حسن الشطي الحنبلي , عن مصطفى بن سعد الرحيباني , عن الشمس محمد بن سالم السفاريني , عن أبي المواهب محمد بن عبدالباقي الحنبلي , عن أبيه عبدالباقي البعلي الحنبلي , عن أبي حفص عمر القاري والنجم محمد الغزي , كلاهما عن والد الثاني البدر محمد الغزي , عم زكريا الأنصاري , عن الحافظ ابن حجر العسقلاني , عن أبي حفص عمر بن الحسن بن مزيد بن أميلة المواغي , عن عز الدين أحمد بن إبراهيم بن عمر الفاروقي , عن أبي إسحاق إبراهيم بن يحيى الكناسي عن أبي الحسين محمد بن محمد بن سعيد بن زرقون عن أبي عبدالله أحمد بن غلبون , عن أبي عمرو عثمان بن أحمد القيجاطي , عن أبي عيسى يحيى عبدالله بن يحيى بن يحيى , عن عم أبيه مروان وعبدالله بن يحيى بن يحيى , عن أبيه يحيى بن يحيى المصمودي الليثي , عن الإمام مالك بن أنس الأصبحي…

Sumber :

  • Natsrul Zawahir Hal. 931-933.
  • Kitab Ithaful Ikhwan bi Ikhtishar Muthmahul Wajdan fi Asanid Asy-Syekh ‘Umar Hamdan.
  • Kitab Al-‘Ajalah fi Al-Hadits Al-Musalsalah, Kifayatul Mustafid, Quratul’ain fi Asanid Syiwakhi Min A’lam Al-Haramain dan lainnya karya Syekh Yasin Al-Fadani.
  • Al-Fahrisat, Syekh Abdul Hay Abdul Kabir Al-Katani.
  • Al-Mu’jam Jami fi Tarjam Al-Ulama wa Thulabul Ilmi Mu’ashirin.