Kitab Al-Kawakib Allamma’ah Biahlus Sunnah Wal Jama’ah – Karangan Syekh Abul Fadhl bin Abd Asy-Syakur

0

Nama Kitab : Al-Kawakib Allamma’ah Biahlus Sunnah Wal Jama’ah.
Pengarang  : Syekh Abul Fadhl bin Abd Asy-Syakur.

Dapat didownload di :
http://bit.ly/Kitab-Al-Kawakib-Allammaah-Biahlus-Sunnah-Wal-Jamaah

Kitab ini menjelaskan tentang apa dan siapa aliran ahlus Sunnah wa al-jama’ah yang dimaksud dalam hadits Nabi SAW tentang perpecahan umat islam menjadi 73 golongan.

Dalam kitab tsb sang penulis mengutip beberapa statemen Ulama seperti Taqi al-Din As-Subki dan puteranya, Al-Murtadha Az-zabidi, ‘Izzud Din bin abdus Salam, Imam Ibnu al-Hajib dll tentang maksud Ahlus Sunnah, yang kesimpulannya : bahwa Ahlus sunnah adalah mereka yang mengikuti Aliran asy’ari, al-Maturidi, para muhadditsin dan para Sufi. Dalam pembahasan ini beliau banyak mengutip dari Syarah Ihya’ Ulum al-din karya Syarif Murtadha Az-Zabidi.

Pada bab kedua beliau mengupas tentang fenomena anti madzhab oleh beberapa kalangan. Di bab ini beliau juga banyak mengkritik pemikiran para Ulama kontemporer, semisal Muhammad Abduh dan muridnya, Rasyid Ridha, serta para cendekiawan lain. .Dengan metode diskusi beliau membantah semua argumen yang digunakan kalangan tsb untuk mendukung klaim mereka.

Sebelum menutup pembahasan, Sang penulis mengupas tentang Ibnu Taimiyah, aliran Wahabi dan ajaran-ajaran mereka. Beliau membantah ajaran Wahabi satu per satu seperti keharaman ziarah– lengkap dengan argumentasi ilmiah. Tampak di sini beliau banyak mengutip dari kitab al-Fajr as-Shadiq karya Syeikh Jamil Afandi.

Selain memuat tema di atas, yang membuat menarik dan menjadikan kitab ini punyai nilai plus sendiri adalah sang penulis merupakan salah satu Ulama yang keilmuannya diakui oleh para Kyai masa lalu — Dan bahkan sampai sekarang. Para Ulama NU setelah kemunculan kitab ini pun langsung mengadakan pertemuan di Denanyar Jombang untuk membahas, mentashih sekaligus memnguji materi yang ada di dalamnya.

Lutfy al-Fadhany