Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Sulsel: Ciptakan Insan Kamil Bersahaja Pelanjut Pembangunan

0

Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone yang dulu dikenal dengan nama Pesantren Ma’had hadits Biru Kabupaten Bone, pondok pesantren ini adalah pondok pesantren pertama yang berdiri di Kabupaten Bone.

Pesantren yang didirikan oleh Anre Gurutta KH Junaid Sulaiman dirintis sejak tahun 1969, yang pada mulanya saat itu khusus membina Qismul Huffadz atau penghafal Al-Qur`an dan pengajian kitab kuning.

Hingga pada perkembangannya pada tahun 1973 diresmikan sebagai pondok Pesantren Modern, hingga kemudian berlanjut pada pendirian sekolah formal tingkat tsanawiyah dan Aliyah.

Cukup mudah ditemui, letaknya tepat di jalur protokol Jl Jenderal Sudirman berlokasi di Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, kompleks ini berjarak tak lebih dari 2 km dari pusat kota Watampone ke arah selatan dan kurang lebih 180 km dari kota Makassar ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Kompleks pesantren yang dibangun  di atas tanah berukuran kurang lebih 1775 m2, terlihat gedung berlantai dua, kesan pendidikan modern begitu kental, dengan gedung sekolah, asrama dan perkantoran yang berdiri dengan arsitektur modern layaknya gedung dan sekolah yang umumnya ada di Kota Watampone, cukup menggambarkan pesantren ini fokus pada dunia pendidikan dan keilmuan.

Namun yang paling mencolok dari pesantren ini adalah selain tumbuh suburnya khazanah keilmuan, bukan hanya sekolah-sekolah yang penuh dengan corak ke-Islamannya tapi juga mereka masih mempertahankan gaya lama dengan sistem Pondoknya, khususnya mempertahankan pembinaan Qismul Huffadz atau penghapal Alquran.

 

Pembangunan dan perkembangan pesantren melaju dengan pesat setelah itu, Dalam perkembangannya, pada tahun 1982 dibuka Raudhatul Athfal (Taman Kanak-kanak), pada tahun 1986 dibuka juga Madrasah Tsanawiyah (MTs.) dan pada tahun 1987 dibuka pula Madrasah Aliyah (MA). Baik MTs. Maupun MA menggunakan kurikulum terpadu, yaitu kurikulum Kementerian Agama dan kurikulum Pesantren sehingga santri yang tamat dan lulus ujian berhak mendapat dua ijazah  yaitu Ijazah Negeri dan Ijazah Pesantren.

 

Pendidikan

 

Formal:

  1. RA
  2. MTs
  3. MA

 

Informal:

  1. Kepesantrenan
  2. Madrasah Diniyah
  3. TKQ/TPQ
  4. PPs ‘Ula dan PPs Wustha
  5. Pendidikan Paket A, B, dan C

 

Fasilitas

 

Masjid, pesantren, asrama, kantor, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, aula, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, praktekum bengkel, gedung teater, minimarket, lap. futsal, lap. volley, lap. basket, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler

 

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

 

 

Alamat

Jl. Jend. Sudirman, Biru, Tanete Riattang, 92716

  Kabupaten Bone