Tadarus Pemikiran Kiai Said

0

Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj atau akrab disapa Kiai Said dikenal sebagai ulama sekaligus intelektual Muslim Indonesia yang cukup banyak menghadirkan sumbangsih dalam khazanah keislaman di Indonesia. Ia kerap masuk dalam jajaran 50 Muslim paling berpengaruh di dunia yang dirilis berbagai lembaga survei. Kalimat kunci untuk sosok yang satu ini adalah penggerak moderasi Islam di tengah tantangan global.

Kiai Said, melalui kepemimpinannya dalam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kian menjadi rujukan masyarakat Muslim dunia. Terlebih, bagi ulama-ulama Timur Tengah yang menganggap gagasan Islam Moderat makin terkikis oleh kepentingan-kepentingan kelompok yang mengakibatkan banyaknya perang saudara.

Di sisi lain, Kiai Said sering dicap sebagai tokoh kontroversial. Barangkali, ini bermula dari sepinya kajian mengenai latar belakang, kristalisasi pemikiran, serta tolak ukur gagasan yang menjadi landasan Kiai Said dalam menjawab serangkaian persoalan.

JADWAL, TEMPAT DAN PEMBICARA

Seluruh diskusi digelar setelah shalat Tarawih, pukul 20.00 – 23.00 WIB di Pondok Pesantren Al Tsaqafah, Jalan Muhammad Kahfi I No.22, depan SPBU timbul, Cipedak, Jagakarsa, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

1. sabtu, 19 Mei 2018.
‘Kiai Said dan Media’ Pembicara; Abdul Kohar (Jurnalis Senior), Nur Fajri Budi Nugroho ( Peneliti Media), Savic Ali ( Jurnalis NU)

Moderator; Sobih Adnan.

2. Sabtu, 26 Mei 2018. ‘Kiai Said dan Tasawwuf Falsafi’. Pembicara; Kiai Luqman Hakim ( Intelektual Muslim), Gus Ulil Abshar Abdala( Intelektual Muslim).

Moderator; Muhammad Sofwan.

3. Sabtu, 03 Juni 2018. ‘Kiai Said, Islam, dan Keberagaman’. Pembicara; Yudi Latif (Akademisi), Romo Benni (Rohaniawan), Akhmad Sahal (Intelektual Muslim) .

Moderator; Nizar Idris.

Semoga bermanfaat