Pesantren Ihyaul Ulum Gresik, Membentuk Kader Muslim Unggulan, Mulya Dalam Akhlaq, dan Mampu Mensi’arkan Ilmunya secara Karimah

0

Profil

Pondok Pesanten adalah salah satu elemen yang tidak terpisahkan dalam sejarah Gresik sebagai kota santri, Salah satunya yaitu Pondok Pesantren Ihyaul Ulum yang berlokasi di Desa dukunanyar Kecamatan Dukun, sebelah barat laut kota Gresik, sekitar ± 28 km dari kota kabupaten Gresik.

Berdiri Sejak 1 januari 1951 oleh seorang ulama’ yang cukup dikenal di daerah Kabupaten Gresik dan sekitarnya, beliau bernama KH. Ma’shum Sufyan. Seperti kabanyakan pondok besar diawali dari yang kecil seperti di ihyaul ulum juga diawali mengaji di rumah, yang kemudian menyebar ke masyarakat sekitar yang berminat untuk mendalami ilmu agama khususnya tentang al-Qur’an, maka rumah beliau menjadi sentral kegiatan pengajian (rumah tersebut masih berwujud aslinya dan terawat hingga sekarang).

Seiring berputarnya waktu, pengaruh KH. Ma’shum Sufyan semakin meluas di kalangan masyarakat, bersama mbah H. Rusydi (mertua beliau) yang memberi dukungan penuh baik moril maupun materiil untuk membangun langgar dengan beberapa gotha’an di pekarangan depan rumah beliau sebagi tempat mengaji dan istirahatnya para santri. yang kemudian menjadi awal sejarah Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukun.

Pendidikan

 

Pendidikan Formal: 

  1. MI
  2. MTs
  3. MA
  4. SMK
  5. STAI Ihyaul Ulum

Pendidikan Informal: 

Madrasah Diniyah

Tahfidz Alqur’an

Fasilitas

 

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler

 

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
Keorganisasian
IPNU/IPPNU
-OSIS
-Pramuka
-PMR

 

 

 

Alamat

Desa Dukunanyar Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here