Wisata Religi Waliyullah di Pati

0

Wisata religi di makam Sunan Makdum Pati mengingatkan kita kepada generasi pendahulu kita yang gigih dalam menyebarkan agama Islam di tanah Nusantara karena waktu itu Nusantara hampir secara keseluruhan masih memeluk agama Hindu-Budha di bawah kekuasaan Majapahit dan Pajajaran. Di tengah kota Pati, terdapat makam ulama penyebar agama Islam yang berasal dari Timur Tengah, yakni Sunan Makhdum.

Sunan Makdum bernama lengkap Sayyid Abdurrahman Al Makhdum merupakan salah seorang ulama asal Timur Tengah yang diberikan mandat oleh Khalifah Kerajaan Istanbul Turki, yakni Sultan Muhammad 1. Sultan Muhammad 1 menjadi salah satu raja paling kaya di antara raja-raja Islam lainnya yang punya andil besar dalam penyebaran ajaran Islam di Nusantara, salah satunya di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Sunan Makdum berdakwah sembari berdagang di Semenanjung Malaya dan di sekitar pulau Sumatera, Madura, dan Jawa. Kepada Sultan Muhammad 1, Sunan Makdum melaporkan bahwa sebagian penduduk telah memeluk agama Islam, tetapi pulau Jawa belum banyak sebab masih di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit untuk Jawa di bagian timur dan tengah dan Kerajaan Pajajaran untuk wilayah Jawa sebagian barat.

Sunan Makdum adalah seorang ulama yang gigih dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara. Karenanya, Sunan Makdum memiliki banyak pengikut dan murid. Setelah tugasnya menyebarkan agama Islam di wilayah Pasai dirasa cukup, Sunan Makdum atau Sayyid Abdurrahman pergi ke Pati sampai akhir hayat dan jasadnya dimakamkan di Desa Parenggan, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati yang saat ini berada di sekitar Jalan Dr Susanto Pati.

Peziarah biasa datang di makam Sunan Makdum kapan saja mereka berziarah. Namun, saat haul Sunan Makhdum tiba pada tanggal 10 Suro atau 10 Muharram, banyak peziarah yang berdatangan dan warga Parenggan sendiri merayakan dengan ragam kegiatan yang berbau islami.

 

Sumber: http://www.direktoripati.com