Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen, Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah, Kuasai Ilmu Agama dan Iptek, dan Santripeneur

0

Profil

Pondok pesantren “AL-Kahfi” Somalangu Kebumen merupakan Pondok Pesantren yang telah terhitung cukup tua keberadaannya. Karena Pondok Pesantren ini telah ada semenjak tahun 1475 M. Adapun tahun dan waktu berdirinya dapat kita ketahui diantaranya dari Prasasti Batu Zamrud Siberia (Emerald Fuchsite) berbobot 9 kg yang ada didalam Masjid Pondok Pesantren tersebut. Sebagaimana diketahui menurut keterangan yang dihimpun oleh para ahli sejarah bahwa ciri khas Pondok Pesantren yang didirikan pada awal purmulaan islam masuk di Nusantara adalah bahwa didalam Pondok Pesantren itu dipastikan adanya sebuah Masjid. Dan pendirian Masjid ini sesuai dengan kebiasaan waktu itu adalah merupakan bagian daripada pendirian sebuah Pesantren yang terkait dengannya.
Prasasti ang mempunyai kandungan elemen kimia Al, Cr, H, K, O, dan Si ini bertuliskan huruf Jawa & Arab. Huruf Jawa menandai candra sengkalanya tahun. Sedangkan tulisan dalam huruf Arab adalah penjabaran dari candra sengkala tersebut. Terlihat jelas dalam angka tanggal yang tertera dengan huruf Arabic :
“25 Sya’ban 879 H”
Ini artinya bahwa Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu resmi berdiri semenjak tanggal 25 Sya’ban 879 H atau bersamaan dengan Rabu, 4 Januari 1475 M.
Pendirinya adalah Syekh As_Sayid Abdul Kahfi Al_Hasani. Beliau semula merupakan seorang tokoh ulama yang berasal dari Hadharamaut, Yaman.

 

Pendidikan

 

Sistem pembelajaran di Ponpes Al Kahfi Somalangu Kebumen terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu dan menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan serta teknologi keilmuan jaman sekarang, namun juga tetap menerapkan metodologi klasik, seperti bandungan dan sorogan. Kitab-kitab yang diajarkan antara lain meliputi ilmu fiqih, nahwu, shorof, tafsir Alquran, dan hadist. Beberapa kitab fiqih yang diajarkan di Ponpes Al Kahfi seperti Fatkul Qorib, Fatkhul Muíin, Safinatun Najahdan Fatkhul Wahab. Ponpes Al Kahfi dipimpin oleh putra atau keturunan Kyai terdahulu sebagai generasi penerus untuk memegang amanat, Saat ini, Ponpes Al Kahfi Somalangu dipimpin oleh KH Afifuddin Chanif Al Hasani atau biasa dikenal dengan Gus Afifyang merupakan keturunan ke-16 dari pengasuh pesantren Al Kahfi. Pada 2015 terdapat sekitar 700 santri yang terdiri 500 santriwan dan 200 santriwati yang berasal dari berbagai wilayah di penjuru tanah air. Cukup ramai dan banyak santinya sehingga pada bulan Ramadhan akan semakin semarak suasana dan nuansa peribadahan di Ponpes Somalangu.

Sekolah-sekolah yang bernaung dibawah Yayasan Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu:

  1. SMP Islam Al-Kahfi Somalangu
  2. SMA Islam Al-Kahfi Somalangu
  3. SMK Ma’arif 3 Somalangu

 

Fasilitas

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tilawatil Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
Keorganisasian
IPNU/IPPNU
-OSIS
-Pramuka
-PMR

Alamat

Sumberadi, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317

Telepon (0287) 382979

https://www.facebook.com/pg/alkahfisomalangu