MA Al Asror Semarang, Mencetak Bibit Bangsa Berakhlakul Karimah, Prestasi, Khusyu’ Beribadah, Disiplin Dan Terampil

0

Profil

Lembaga Pendidikan Al Asror berpijak pada tiga variable penting, pertama “pendidikan Islam”, kedua lingstra (lingkungan strategis) pendidikan itu “era global”, ketiga “peluang dan tantang” pendidikan Islam di era ini. Ketiga variable ini menaruh isu menarik dikaji dalam merumuskan pemikiran bagaimana memajukan pendidikan Islam pada tanggal 18 September 1990 KH. Zubaedi mendirikan MA (Madrasah Aliyah) Al Asror yang kemudian baru dilegalkan melalui Akte Notaris No. 03 Tahun 2002. Lahirnya Madrasah Aliyah Al Asror guna menjawab isu penting dalam “pendidikan Islam” di era global sekarang muncul sejalan dengan isu masyarakat yang sedang dan terus berubah. Di antaranya timbul tuntunan masyarakat di era modern dan zaman teknologi canggih ini terhadap penguatan sistim pendidikan. Semua sistim pendidikan dituntut harus lebih maju dan dapat mengakomadasikan kebutuhan masyarakat modern, tidak saja tuntutan terhadap peningkatan kualitas kurikulum tetapi juga tuntutan dalam kemajuan memfasilitasi pendidik, peserta didik, manajemen, sarana dan prasarana pendidikan dsb.  Pola pendidikan di Madrasah Aliyah Al Asror dari perspektif esensi pengajaran mempunyai keunggulan, karena di dalamnya terdapat pengajaran umum plus agama. Pendekatan keagamaan memberikan posisi strategis bagi pendidikan di Lembaga Pendidikan Al Asror mendidik generasi muda masyarakat Islam dalam menumbuhkembangkan potensi-potensi bawaan, baik bawaan jasmani maupun rohani sejalan dengan norma yang tumbuh, kembang dan dipakai dalam masyarakat dan kebudayaannya.

Visi dan Misi

Visi

Tinggi Prestasi, Khusyu’ Beribadah, Disiplin Dan Terampil, Serta Berperilaku Akhlaqul Karimah

Misi

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif  sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya.
  2. Melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler secara efektif sesuai dengan bakat dan minat sehingga setiap peserta didik unggul dalam berbagai lomba olahraga,  keagamaan dan seni.
  3. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam ala ahlussunnah wal jama’ah sehingga peserta didik menjadi khusyu’ beribadah, jujur, disiplin, sportif, tanggung jawab, percaya diri, hormat pada orang tua, dan guru serta menyayangi sesama.
  4. Mendorong dan membantu setiap peserta didik dengan memberikan bekal kecakapan hidup agar peserta didik dapat mengenali, menggali dan mengembangkan  potensi dirinya secara maksimal.

 

 KEBERADAAN MADRASAH

1. Nama Madrasah Al Asror
2. Nama Yayasan LP Ma’arif NU
3. Alamat / Telp. / Kode Pos Jl. Legoksari No. 02 Patemon Gunungpati Semarang
(024) 8507905 / 50228
4. Tahun Pendirian 1990
5. Nomor Statistik Madrasah 31.2.33.74.02.273
6. Predikat Akreditasi B
7. SK. Akreditasi terakhir Ma 004461
8. Nama Kepala Madrasah

 

 

Fasilitas

gedung sekolah, ruang kepala sekolah, kantor, lab komputer, gudang, lapangan, parkir, ruang kelas, lab IPA, sarana olahraga, lab bahasa

Ekstrakurikuler

Pramuka, seni baca al Qur’an, kajian kitab, hadrah, PBB, voli, sepakbola, tari, PMR, Paskibra, Marching band.

 

   

Alamat

 

Jalan Legoksari Raya No.2, Patemon, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50228
Telepon: (024) 8507905

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here