Pesantren Sirnarasa Ciamis, Membentuk Generasi Penerus Ulama Berakhlakul Karimah, Beriman, Bertaqwa, Cerdas, dan Berguna bagi Agama, Bangsa, dan Negara

0

Profil

Pesantren Sirnarasa berada di kaki Gunung Sawal kawasan Panjalu kabupaten Ciamis, yang selalu diselimuti dinginnya cuaca pegunungan, puluhan santri berlomba-lomba mengenyam pendidikan di pesantren salafiyah yang lekat dengan tasawuf ini untuk berenang di lautan ilmu agama dan umum.

Pesantren Sirnarasa didirikan oleh KH. Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul pada tahun 70-an yang mana nama Sirnarasa tersebut diberikan oleh Guru tercintanya Abah Anom (Syekh Ahmad Shohibul Wafa Tajul ‘Arifin). Di pesantren ini diterapkan sistem pengajian yang berkelas mulai dari kelas 1 hingga kelas 4 dengan berbagai kitab kuning yang dipelajarinya. Di Pesantren ini ada sekitar 120 orang santri dari berbagai daerah di pulau Jawa termasuk ada yang dari Lombok dan Nusa Tenggara Barat. “Mereka di sini untuk dididik menjadi pribadi yang soleh secara vertikal dan horizontal. Siap menyongsong masa depan dengan keyakinan yang teguh dengan menjadi manusia yang cageur bageur lahir batin yang turut pada perintah agama dan negaraDi sini santri akan dicetak untuk bisa menjadi manusia yang ngeunah nyawa betah jasad,” tutur KH. M. Abdul Gaos yang juga mendirikan Pondok Remaja Inabah sebagai panti rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkoba dan gangguan mental.

Mereka yang datang untuk nyantri di Sirnarasa pertama kali diajarkan terlebih dahulu tata cara amaliyah dzikir jahar (jelas) dan khofi (samar) melalui proses talqin sebagai bekal dan bahan dalam beribadah kepada Alloh SWT. “Karena metode tersebut merupakan cara yang paling mudah dan paling dekat untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT,” ujar KH. M. Abdul Gaos menambahkan.

Pengajian dan amaliyah yang dilakukan di Sirnarasa telah berlangsung puluhan tahun. Begitu banyak yang datang dari berbagai kalangan dan usia untuk belajar dzikir melalui talqin.

 

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. MTs
  2. MA
  3. STID

 

Pendidikan nonformal

Madrasah Diniyah

Fasilitas

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tilawatil Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
 

Alamat

Ciomas, Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46264
Telepon: 0823-1922-8666

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here