Pesantren Al Mas’udiyyah – Blater Kab Semarang, Mencetak Generasi Islami, Berakhlaqul Karimah, Cerdas, Terampil dan Santripreneur

0

Profil

Sejarah Berdiri Dan Berkembangnya

Pada tahun 1953 ada seorang bernama M. Darjis dari Banyubiru yang menikah dengan gadis desa Blater yang kemudian menetap dan memyebarkan agama Islam di desa Blater yang masyarakatnya masih berpaham kejawen. Kemudian M. darjis mempunyai seorang putri yang akhirnya dinikahkan dengan Ali Mas’ud dari Banyubiru yang masih familinya.
Ali Mas’ud beserta istrinya menetap di Blater yang kemudian pada tahun 1963 mendirikan sebuah pondok pesantren yang bernama pondok pesantren Blater. Beliau mengajak seorang temannya yang bernama Muhtarom sekaligus menjadi santri pertama di pondok tersebut. Waktu itu belum ada gedung bangunan, pesantren masih berupa rumah kyai dan surau  yang disebelahnya ada kamar berukuran kecil.
Karena jumlah santri yang semakin lama semakin bertambah, maka pada tahun 1969 resmi mendirikan bangunan pondok pesantren yang berupa papan dan bambu yang mempunyai 20 kamar dan pada saat pula dimulai program pengajian pesantren ala bandungan dan sorogan. Pada tahun ini pondok hanya diasuh dan dibina hanya dengan satu tenaga pengajar yaitu KH. Ali Mas’ud sendiri. Karena bangunan tersebut tidak dapat bertahan lama maka, pada tahun 1978 bangunan tersebut diganti dengan bangunan tembok dengan 10 kamar yang menampung kurang lebih 300 santri.
Dulu pondok pesantren Blater hanya menerima santri putra kemudian pada tahun 1982 sampai tahun 1988 santri putri dari berbagai daerah berdatangan yang baru  pada tahun 1990 dapat dibangun pondok pesantren putri.
Pondok pesantren Blater memulai system pendidikan formal ala pesantren pada tahun 1989 dengan jenjang Ibtidaiyyah dan Tsanawiyyah. Karena jumlah santri yang semakin bertambah maka pengasuh menambah lokasi pondok putra dan merehab pondok putri menjadi dua lantai. Kemudian pondok pesantren yang dahulu bernama pondok pesantren Blater diubah namanya pada tahun 1993 menjadi Pondok Pesantren Al Mas’udiyyah. Pondok pesantren menambah satu program pesantren yang dahulu Ibtidaiyyah diganti dengan Madrasah Tingkat Ula sedangkan untuk Tsanawiyyah diganti dengan Madrasah Tingkat Wustho dan ditambah satu jenjang lagi yaitu tingkat Aliyah ( Ulya ) yang diresmikan oleh pengurus beserta pengasuh pada tahun 2002 dan berjalan sampai sekarang.
Kemudian pada tahun 2003 resmi di badan hukumkan dengan nama Yayasan Al Mas’udiyyah melalui notaris Bp. Dimyati .SH di kota Ambarawa dengan nomor 24, tangga 19 Desamber 2003. Pondok pesantren Al Mas’udiyyah juga telah mempunyai nomor statistik pondok pesantren dari Departemen Agama dengan Nomor : 042332211020.

Pendidikan

Pondok pesantren Assalafiyyah Al Mas’udiyyah mempunyai program-program pendidikan yang sama dengan pendidikan di pondok pesantren lain, seperti halnya pengajian kitab-kitab, nahwu, shorof, tajwid, taukhid dan lain-lain yang kesemuanya ini masuk dalam pendidikan formal pesantren. Pondok pesantren juga mengelola pendidikan santri tahasus, yaitu santri yang sepenuhnya mendalami kitab kuning serta praktek ibadah.

pendidikan formal dan sebagainya. Di antaranya:
– Yayasan al-Mas`udiyyah
– Play Group Wira Usaha.
– SMP Al Mas’udiyyah
–  SMA Wira Usaha.
– Pondok Pesantren al-Mas`udiyyah 2 Jambon.
– Pondok Pesantren Al Mas’udiyyah 03
– Pondok Pesantren Al Mas’udiyyah Putri 02

Selain itu Pondok pesantren Assalafiyyah Al Mas’udiyyah juga telah berhasil menyusun dan mengesahkan program-program dalam Pondok Pesantren yang dibina pada tahun ajaran 2006-2007 M/1427-1428 H yang berupa Program Madrasah Diniyyah yang terbagi dari Kelas Ula, Wustho, dan Ulya. Disamping itu pondok pesantren Al Mas’udiyyah juga meningkatkan daya mutu santri dalam berbahasa, sehingga dibentuklah Program penggunaan tiga bahasa dalam percakapan sehari-hari.
Berikut kegiatan sosial masyarakat dengan pondok pesantren :
Pengajian yang diikuti oleh masyarakat sekitar yang diadakan setiap malam setelah sholat Maghrib di Ndalem pengasuh pondok pesantren.
Pengajian Ihya` Ulumiddin tiap hari Ahad pagi yang diikuti oleh + 300 kiai dan guru ngaji.
Pengajian Thoriqoh Putra yang diadakan setiap hari Senin
Pengajian Thoriqoh Putri yang diadakan setiap hari Jum’at
Itighotsah tiap Jum`at Kliwon
Pengajian peringatan hari-hari besar Islam yang diikuti oleh masyarakat sekitar dan seluruh santri.

Fasilitas

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tilawatil Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat

 JL. Raya Blater – Jimbaran, Bandungan, Ungaran, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50226
Telepon: (0298) 7136379

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here