MA NU Raden Umar Said Kudus, Menghasilkan Kader Pemimipin Umat Berilmu Pengetahuan, Terampil, Berakhlak Mulia, Beriman dan Bertaqwa Kepada ALLAH SWT Berdasarkan ASWAJA

0

Profil

Berdirinya MA NU Raden Umar Sa’id Colo dilatar belakangi adanya keinginan dari tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama yakni beliau KH. Abdul Haris yang kebetulan pada saat itu masih menjabat sebagai kepala desa Colo Dawe Kudus periode (1998-2007) agar di desa colo wujud lembaga pendidikan tingkat menengah atas agar memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik daerah yang telah banyak menyelesaikan program studinya, baik yang dari pendidikan non formal (MutakhorrijinPondok Pesantren) maupun pendidikan formal (Alumnus Perguruan Tinggi) untuk mengembangkan keilmuwannya di dunia pendidikan. Selain itu juga memberikan kesempatan terhadap anak usia sekolah di desa Colo dan sekitarnya yang baru bisa mengenyam pendidikan menengah pertama untuk bisa melanjutkan di tingkat menengah atas.

Maka pada Tahun 2008 dimulailah perintisan pembangunan gedung MA NU Raden Umar Sa’id Colo melalui proses awal pembelian sebidang tanah seluas 8800 m2 yang tepat berada di bawah gedung TPQ AT-Taqwa Colo dengan sumber pembiayaan dari swadaya masyarakat dan para aghniya’ desa Colo dan sekitarnya.

MA NU Raden Umar Sa’id terletak diantara 110036’ – 110050 BT (Bujur Timur) dan 6051 – 7016 LS (Lintang Selatan) pada ketinggian rata-rata 900 m di atas permukaan air laut dengan iklim tropis dengan temperature sedang 23– 280 C serta curah hujan ±2.060 mm/Tahun tepat berada di bawah kaki Gunung Muria yang memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :

–       Sebelah Timur         : Berbatasan dengan desa Japan

–       Sebelah Selatan      : Berbatasan dengan desa Kajar

–       Sebelah Barat         : Pegunungan Muria

–       Sebelah Utara         : Pegunungan Muria

Lokasi MA NU Raden Umar Sa’id secara demografis berada di desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus tepatnya berada di kawasan wisata Religi Kanjeng Sunan Muria Raden Umar Sa’id yang merupakan salah satu Wali 9 di tanah Jawa.

 

PROFIL MADRASAH

1. Nama Madrasah : MA NU RADEN UMAR SA’ID
2. No. Statistik Madrasah : 1 3 1 2 3 3 1 9 0 0 2 7
3. Akreditasi Madrasah : Terakreditasi C
4. Alamat Lengkap Madrasah : Desa Colo Rt 4 Rw 1
Kecamatan Dawe
Kabupaten Kudus
Provinsi Jawa Tengah



  

VISI MADRASAH

” MENJADI MADRASAH UNGGULAN YANG MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM UNTUK MENGHASILKAN KADER PEMIMPIN UMAT BERILMU PENGETAHUAN, TERAMPIL,  BERAKHLAK MULIA, BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA ALLAH SWT. BERDASARKAN AJARAN ISLAM AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH ”.

MISI MADRASAH

  1. Mengembangkan kualitas bahan pendidikan dan bahan ajar sejalan dengan nilai-nilai Islam dan perkembangan mutakhir ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Membangun kualitas guru sebagai pendidik profesional.
  3.  Menyelenggarakan sarana dan prasarana pendidikan sejalan dengan pendidikan menengah umum yang bermutu tinggi.
  4. Menjadikan kemajuan dan keberhasilan peserta didik dalam proses pendidikan sebagai pusat orientasi dan tujuan yang paling diutamakan dalam semua kegiatan.
  5.  Membentuk dan melatih siswa untuk selalu  bersikap dan  berprilaku yang mencerminkan  Akhlak mulia dalam lingkungan madrasah,  keluarga dan masyarakat.
  6. Menanamkan dasar-dasar agama yang kuat berdasarkan ajaran Islam Ahlusunah wal Jama’ah sebagai bekal kehidupan dunia dan akherat.
  7.  Meningkatkan penguasaan iptek dan bahasa asing agar siswa berprestasi secara kompetitif dengan menumbuhkan budaya Islami ala Ahlusunah Waljamaah, sehingga terbentuk kader pemimpin umat yang berilmu, beriman , bertaqwa dan berakhlak mulia.

TUJUAN MADRASAH

  1. Terselenggaranya proses peningkatan bahan pendidikan nilai-nilai Islam secara berkelanjutan dan terwujud dalam budaya sekolah Islami.
  2. Terselenggaranya proses peningkatan mutu bahan ajar secara berkelanjutan dan teruji secara universal.
  3. Terselenggaranya proses berkelanjutan peningkatan kualitas guru sebagai pendidik profesional, berakhlak mulia, tafaqquh fiddin, menjadi teladan bagi peserta didik.
  4. Terselenggaranya proses berkelanjutan peningkatan kualitas guru dalam penguasaan bahan pendidikan dan bahan ajar, metodologi pembelajaran, dan teknologi pendidikan.
  5. Terselenggaranya sarana dan prasarana pendidikan dan teknologi pendidikan yang bermutu sekolah menengah umum yang bermutu tinggi.
  6. Terwujudnya sistem pendidikan yang berorientasi kepada kepentingan siswa.
  7. Terwujudnya peningkatan prestasi akademik siswa sesuai dengan standar kompetensi lulusan.
  8. Terwujudnya lulusan yang berilmu pengetahuan (salafiyah dan umum), menguasai bahasa asing (arab dan inggris), berakhlak mulia, sehat dan  terampil, beriman dan bertaqwa berdasarkan ajaran islam Ahlusunah Waljamaah sebagai bagian dari kader pemimpin umat.

Program Jurusan

  1. 1. Keagamaan
    2. IPA
    3. IPS

    Fasilitas

gedung sekolah, ruang kepala sekolah, kantor, lab komputer, gudang, lapangan, parkir, ruang kelas, lab IPA, sarana olahraga, lab bahasa

    Ekstrakurikuler

Pramuka, seni baca al Qur’an, kajian kitab, hadrah, PBB, voli, sepakbola, tari, PMR, Paskibra, Marching band.

 

   

Alamat

Colo, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353

Telepon: 0858-6642-3571