Pesantren Ath – Thohiriyyah Magetan, Terwujudnya Individu yang Agamis, Berakhlaqul Karimah, Berkemampuan lmiah, Terampil dan Berjiwa Pemimpin sesuai Tatanan Kehidupan

0

Profil

Awal berdirinya Pondok Pesantren Ath – Thohiriyyah adalah dari Madrasah Diniyah sore di Mushola At-Taqwa dibawah asuhan Bapak Kiai Imam Tohari, S.Ag yang sudah terbentuk sejak tahun 1988. Dalam perkembangannya Madrasah Diniyah ini mengalami kamajuan yang cukup signifikan. Terbukti dengan meningkatnya animo masyarakat yang menitipkan putra-putrinya untuk diasuh oleh pengajar di Madrasah Diniyah ini. Dengan semakin banyaknya santri yang mendalami ilmu agama, bahkan ada yang berasal dari luar daerah, maka Bapak Kiai Imam Tohari, S.Ag berniat untuk mendidikan  sebuah Pondok Pesantren. Dan pada tanggal 9 September 1999 berdirilah Pondok Pesantren Ath – Thohiriyyah.readmore

Melihat kondisi para santri yang mayoritas adalah siswa-siswi SMP dan MTs kelas III yang akan lulus dan kurang mampu, maka Bapak Kiai Imam Tohari, S.Ag bersama ayahhanda beliau Bapak KH Karesi Rifa’I memandang perlu didirikannya lembaga formal untuk para santri tersebut.

Pada tanggal 25 Agustus 2000 Yayasan Pendidikan Ath – Thohiriyyah mendirikan Madrasah Aliyah Ath – Thohiriyyah. Dalam perkembangannya Madrasah Aliyah Ath – Thohiriyyah semakin diminati oleh masyarakat luas, bahkan siswanya tidak sedikit yang berasal dari propinsi Jawa Tengah. Dengan demikian semakin banyak pula santri yang mondok di Pondok Pesantren Ath – Thohiriyyah. Selain itu Prestasi yang diperoleh Pondok Pesantren Ath – Thohiriyyah ataupun Madrasah Aliyah Ath – Thohiriyyah sangatlah memuaskan. Mulai dari prestasi tingkat Kabupaten maupun tingkat Karisidenan, bahkan tingkat Nasional. Prestasi Terakhir adalah dalam rangka kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara tanggal 10 s/d 15 September 2006 di Bumi Perkemahan Cibubur, Pondok Pesantren Ath – Thohiriyyah mengukir prestasi sebagai Juara I Bidang Kerjasama dan Kekompakan.

Hal ini membuktikan bahwa disamping pendalaman ilmu agama yang di utamakan di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah, juga kemampuan di bidang yang lain yang harus dikuasai oleh setiap santri, sehingga akan mewujudkan pribadi santri yang siap terjun di masyarakat untuk meneruskan perjuangan menegakkan Agama Islam.

VISI MAKRO

Terwujudnya masyarakat dan bangsa yang memiliki sikap agamis, berkemampuan ilmiah dan berakhlaqul karimah.

VISI MIKRO

Terwujudnya individu yang memiliki sikap agamis, berakhlaqul karimah, berkemampuan ilmiah, terampil dan berjiwa pemimpin sesuai dengan tatanan kehidupan.

MISI

1.  Membentuk agamawan yang berilmu dan berakhlaq

2.  Membentuk ilmuwan yang berakhlaq dan beragama

3.  Membentuk tenaga terampil yang berjiwa pemimpin

TUJUAN

Pondok Pesantren Ath – Thohiriyyah mengemban amanat untuk membentuk dan membina pribadi muslim menjadi insan-insan yang faham dengan agamanya dan sanggup mengamalkannya. Pondok Pesantren Ath – Thohiriyyah bertekat mencetak pribadi yang memiliki kefahaman ibadah, akhlaq terpuji, ilmu pengetahuan yang luas dan berjiwa pemimpin tinggi, sehingga terwujudgenerasi Islam yang maju dan berwawasan yang mampu bersaing dalam dunia global seperti sekarang ini dan masa depan.
Pengasuh : K. Tohari, S.Ag

Pendiri : K. Tohari, S.Ag

 

Pendidikan

 

Pendidikan Formal

1. Madrasah Aliyah

Pendidikan Informal :

1. MTQ Ath Thohiriyyah, 

2. Madrasah Diniyah Ibtidaiyah Ath Thohiriyyah, 

3. Madrasah Diniyyah Tsanawiyah Ath Thohiriyyah, 

4. Madrasah Diniyah Aliyah ATh Thohiriyyah

 

Fasilitas

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tilawatil Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha.
 

 

Alamat :

Turus Alastuwo, Poncol, Alastuwo, Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63362
Telepon: (0351) 888102

 

http://aththohiriyyahislamiccenter.blogspot.co.id