Pesantren Al-Ittihad Kab Malang, Mencetak Insan Religius, Berwawasan Global Yang Menguasai Ilmu Agama Pengetahuan Umum Dan Teknologi

0

Profil

Yayasan Al Ittihad didirikan dan dibiayai oleh H. Rusydi Abdullah pada tahun 1979. H. Rusydi adalah seorang petani sukses-kaya, dermawan, dan sangat peduli terhadap keagamaan dan pendidikan. Sebelum mendirikan Yayasan Al Ittihad, H. Rusydi telah mendirikan beberapa sekolah dan masjid di beberapa desa bersama masyarakat di daerah yang bersangkutan.

Pada tahun 1978, beliau mengumpulkan tiga putra-putrinya dan beberapa keluarga serta mengundang tokoh-tokoh masyarakat desa Belung dan kecamatan Poncokusumo. H. Rusydi menyampaikan cita-citanya untuk mengembangkan keagamaan dan pendidikan di kecamatan Poncokusumo dengan mendirikan Yayasan Al Ittihad. Cita-cita itu disambut dengan gembira dan semangat oleh masyarakat sekitar, apalagi di kecamatan Poncokusumo belum ada sekolah tingkat lanjut yang bernafaskan keagamaan. Pada 1979 berdirilah Yayasan Al Ittihad dengan satu unit sekolah formal yakni, Madrasah Tsanawiyah Al Ittihad. Ahmad Nawawi sebagai kepala Madrasah Tsanawiyah yang pertama. Kemudian pada tahun 1982, Yayasan Al Ittihad mendirikan Madrasah Aliyah Al Ittihad, dan Moh. Amin sebagai Kepala Madrasah Aliyah yang pertama. Untuk menunjang kegiatan ini, didirikan pula asrama untuk siswa-siswinya. Asrama inilah cikal bakal pondok pesantren Al Ittihad.

Pengasuh : K.H. Abdullah Hasan

Pendiri :  H. Rusydi Abdullah

Visi : Mencetak Insan Religius, Berwawasan Global Yang Menguasai Ilmu Agama Pengetahuan Umum Dan Teknologi

Misi : Menjadikan SMP,SMA.SMK Pondok Pesantren Al-Ittihad sebagai Wahana Pembinaan Cendikiawan Muslim, Kaffah Menyelenggarakan SMP, SMA Plus, SMK Terpadu

Pendidikan

Yayasan Al-Ittihad bergerak di bidang pendidikan dan pengajaran serta hal-hal yang meliputi atau mendukung pendidikan, termasuk usaha-usaha dan atau kegiatan pendukung. Yayasan Al-Ittihad mengelola berbagai unit.

Pendidikan Formal :

1.     RA Al Ittihad

2.   MI Al Ittihad

3.  Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihad

4.     Madrasah Aliyah Al-Ittihad

Pendidikan Informal :

1.   Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putra dan Putri Al-Ittihad

2.   Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putra dan Putri Al-Ittihad

3.   Madrasah Aliyah Diniyah Putra Al Ittihad.

 Program :

1.   Yayasan Wakaf Sabilul Khoirot

2.   Yayasan Panti Asuhan Al-Ikhlash

3.   Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Al-Ittihad 

Fasilitas

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tilawatil Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat

Jl. Raya Belung, Belung, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur 65157
Telepon: (0341) 788257