Al Um Fikh Ash Shafi – Arabic

0

Al Um Fikh Ash Shafi – Arabic

Muhammad ibn Idris asy-Safi’i atau yang lebih dikenal dengan nama Imam Syafi’i adalah karakter nama akrab besar di telinga umat Islam.

keahlian
Syafi’i dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan Islam tidak diragukan oleh para sarjana. Beliaulah peletak dasar ilmu hadits dan ushul fiqh melalui karya monumentalnya,
ar-Risalah.

Dalam berbagai bagian dari dunai Islam, khususnya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia [dan Malaysia], Syafi’i menjadi pegangan umat Islam utama. Ini berarti bahwa dalam melaksanakan kegiatan keagamaan yang berkaitan dengan hal-hal ibadah mereka akan memilih dan berlatih pendapat dikembangkan di Shafi. Tetapi di antara mereka yang layak kasihan adalah, bahkan ada beberapa di antara umat Islam yang mengaku sebagai pengikut Imam Syafi’i madzhab bahkan fanatik di antara mereka tidak tahu siapa Imam Syafi’i. Tidak pernah bertanya tentang karya-karyanya ilmiah, aqidah, manhaj, atau Iman Syafi’i pandangan pentingnya menempel ke Al-Quran dan As-Sunnah, waktu dan tempat al-Imam lahir terlalu banyak tidak tahu. Jangan heran jika ada yang berpikir Syafi’i adalah salah satu Asia Tenggara sehingga fiqihnya cocok untuk orang Asia Tenggara.

Buku alUmm adalah salah satu buku dari Imam Syafi’i sangat terkenal. Ada terkandung Syafi’i yurisprudensi. Hal ini tidak biasa bila dalam diskusi hukum yurisprudensi disebutkan “menurut Imam Syafi’i” maka pertanyaannya adalah dalam kitab al-Umm. Kitab al-Umm adalah sebuah buku tebal yang terdiri dari empat jilid dan berisi 128 masalah.

Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: “Jumlah buku (masalah) dalam kitab bab lagi al-umm 40 buku dimulai -wallahu a’lam- di-Thaharah, lalu pesan as-Salat Jadi di mana dia susun berdasarkan. pada bab yurisprudensi … ”

Ringkasan UMM AL-ini adalah terjemahan dari buku Kitab Al-Umm Mukhtasar Fiqhi perbuatan, yang merupakan ringkasan dari buku al-Umm disertai dengan catatan kaki dari peneliti atau pentahqiqnya. Setelah menyebutkan singkat tentang biografi Imam Syafi’i, volume terjemahan 1 buku berisi pembahasan hukum disusun dalam urutan sebagai berikut:
Pada pemurnian (thaharah),
Tentang menstruasi,
Tentang doa,
Pada doa ‘iedain,
Tentang tubuh,
Sedekah,
Mengenai distribusi zakat,
Pada puasa,
Tentang i’tikaf,
Tentang haji,
Tentang Qurban,
Tentang hewan-hewan permainan dan pembantaian,
Informasi tentang makanan halal dan haram, dan
Tentang nadzar.
Setiap masalah yang dibahas dalam bab-bab yang lebih rinci.
Pembahasan dalam buku ini banyak yang harus dilakukan dengan pola dialog yang menunjukkan bahwa Imam Syafi’i seorang pendebat ulung. Siapa pun membacanya ia akan menyaksikan kekuatan pembuktian imam Syafi’i dan argumen ketajaman berdasarkan Al-kitab dan catatan kaki sunnah.Tambahan, meningkatkan kehadiran buku.

Semoga Allah memberkati penulis, peringkas dan peneliti dan menjadikannya sebagai amal yang mulia, yang dapat memperbesar timbangan kebaikan kita semua.

dapat di download di : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.MoslemWay.AlUmAsSyafii