Ponpes Al Mubarook Manggisan Wonosobo, Membentuk Al-‘Ulama Ash-Sholichin yang Mandiri, Kreatif, Kritis dan Peduli terhadap Permasalahan Sosial disekitarnya.  

0

Profil

Berdirinya pondok pesantren Al Mubaarok ini adalah tahun 1998. Pendiri pondok ini adalah KH. Nur Hidayatulloh yang tidak lain adalah menantu dari KH. Ibrohim. Setelah beliau pulang dari pondok pesantren Tegalrejo, Magelang, Beliau mengampu pondok pesantren Roudlotuth Tholibin Jawar, menggantikan posisi K.H. Ibrahim Almarhum, sambil menunggu kepulangan putra Mbah K.H.ibrahim, yaitu Gus Yasin.
K.H. Nur hidayatulloh sendiri dahulu pernah mengenyam pendidikan di Pesantren Tegalrejo Magelang kurang lebih selama 14 tahun. Setelah itu beliau langsung menikah dengan putri Mbah K.H. Ibrahim, yaitu Nyai Hj.Nur Farida. Setelah Gus Yasin pulang dari pesantren, beliau berinisiatif mendirikan Pondok Pesantren yang diberi nama AL Mubaarok yang saat ini lokasinya tepat di Dusun Manggisan Lama Desa Mudal, Kecamatan Mojotengah. Saat itu ada sekitar 5 santri Roudlotuth Tholibin Jawar yang ikut mengawali pembukaan Pondok Pesantren yang diresmikan pada tanggal 2 Ramadhan 1418 H, atau tepat 1 Januari 1998.
Sebelum adanya Pondok Pesantren AL-Mubaarok ini didirikan, pernah ada pihak yang mau mendirikan pondok pesantren sekitar tahun 1970-an. Mereka gagal mendirikan pondok pesantren karena ada masyarakat yang beranggapan bahwa tanah yang sudah menjasi lokasi pesantren ini ada mahluk halusnya atau semacam dedemit ataupun hantu yang saat itu dikenal dengan Alas Sibangkong. Diberi nama hantu Alas Sibangkong karena berbentuk batu besar seukuran kerbau mirip dengan bentuk bangkong. Banyak halangan sewaktu mau mendirikan Pondok Pesantren AL-Mubaarok ini karena masih ada sebagian masyarakat yang belum bias menerima keberadaan Pondok Pesantren AL-Mubaarok ini. Setelah melalui berbagai halangan dan rintangan, Pondok Pesantren AL-Mubaarok ini kini mampu berdiri tegap ditengah-tengah keguyuban masyarakat Manggisan dan sekitarnya.

IDENTITAS PONDOK PESANTREN

 

Nama lembaga : Ponpes Al MUBAAROK Manggisan
Alamat : Manggisan
Alamat : Manggisan
Kelurahan   : Mudal
Kecamatan : Mojotengah
Kabupaten : Wonosobo
Tahun Berdiri : 1 Januari 1998
Pendiri : KH Nur Hidayatulloh
Pimpinan : KH Nur Hidayatulloh
Luas Tanah : 15.000 m2
Jumlah Tenaga Pengajar : 80 Orang
Jumlah Santri : 982 Orang ( per September 2016 )

Visi dan Misi Pondok Pesantren Al-Mubaarok Manggisan Wonosobo

Visi  

 

 
  1. Ikhtiar membentuk al-‘ulama ash-sholichin yang mandiri, kreatif, kritis dan peduli terhadap permasalahan-permasalahan sosial disekitarnya.

 

  2. Menegakkan kalimat-kalimat Alloh yang (‘ulya wala yu’la alaih) unggul dan tak terungguli.

 

  3. Memelihara dan meningkatkan kuali-tas pendidikan, pengajaran, penyia-ran dan pemahaman ajaran islam menurut faham ahlissunnah wal jama’ah ‘ala thoriqotissalafis sholi-chin.

 

  4. Memenuhi hak asasi manusia untuk dapat hidup sesuai dengan qodrat kemanusiannya sebagai hamba Alloh, serta untuk mempertinggi derajat kehidupan dan penghidupannya sebagai kholifah di muka bumi ini.

 

Misi    
  Untuk mencapai tujuan tersebut Pondok Pesantren Al Mubaarok menye-lenggarakan :

 

  1. Tarbiyah islamiyyah
  2. Pelatihan-pelatihan
  3. Pengabdian pada masyarakat 
  4. Da’wah islamiyyah

Pendidikan

Jenjang pendidikannya terdiri terdiri Pendidikan Diniyah Formal ( PDF ) Ula selama 6 tahun setara SD, PDF Wustha selama 3 tahun setara SMP, PDF Ulya selama 3 tahun setara SMA. Sedangkan jenjang pendidikan tinggi ditempuh pada ma’had ali untuk program sarjana.

Fasilitas

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tilawatil Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8.  Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat

Manggisan, Mudal, Mojotengah, Wonosobo,KAB. WONOSOBO,Jawa Tengah

  •  (0286) 323 659
  • ponpesmanggisan@gmail.com
  •  www.ponpesmanggisan.com