Pengertian “Kejelekan” dalam Hadits yang Ada Pada Kitab Qurrah al-‘Uyun

0

Pengertian “Kejelekan” dalam Hadits yang Ada Pada Kitab Qurrah al-‘Uyun

Pertanyaan : Dalam kitab Qurrat al-‘Uyun dinyatakan: ditulis dalam pintu surga. Kamu surga! Dilarang masuk orang yang kikir dan dayyus. Apa dayyus itu, ya Rasulullah! Rasulullah Saw. berkata: “Yaitu orang yang mengetahui perbuatan kejelekan pada istrinya, tetapi ia diam. ”Apa yang diartikan kejelekan?, Apakah perzinaan saja ataukah yang lainnya seperti bergaul bebas dengan lelaki lain?.

Jawab : Yang diartikan kejelekan, yaitu perzinaan atau yang dapat menjadikan perzinaan, seperti bergaul bebas dan lain-lain.

Keterangan, dari kitab:

  1. Al-Siraj al-Munir [1]

قَالَ فُقَهَاؤُنَا هُوَ الدَّيُّوْسُ الَّذِيْ لاَ يَمْنَعُ الدَّاخِلَ عَلَى زَوْجَتِهِ مِنَ الدُّخُوْلِ وَقَالَ الْحَفَنِيُّ وَلاَ مَانِعَ مِنَ التَّفْسِيْرَيْنِ كُلٌّ مِنْهُمَا قَدْ وَرَدَ وَأَلْحَقَ بَعْضُهُمْ بِالزَّوْجَةِ الْمَحَارِمَ وَاْلإِمَاءَ قُلْتُ فَفُهِمَ مِنْ ذَلِكَ أَنَّ الْمُرَادَ بِالْقَبِيْحِ الزِّنَا وَمَا أَدَّى إِلَيْهِ .

Para pakar ahli fiqh berpendapat, yang dimaksud dengan al-Dayyus adalah, suami yang tidak melarang orang lain untuk berzina dengan istrinya. Al-Hafani berpendapat: “Kedua tafsiran tidak salah, karena masing-masing mempunyai dasar.” Sebagian ulama yang lain menyamakan istri itu dengan para mahramnya dan budak-budak wanita. Menurutku, dari uraian tersebut bisa dipahami bahwa yang dimaksud dengan al-qabih (keburukan), adalah perzinaan dan hal-hal yang dapat menimbulkan perzinaan.

[1] Ali al-Azizi, al-Siraj al-Munir dan Ta’liq Syekh al-Islam al-Hifni pada hamisynya, (Mesir, Musthafa al-Halabi, 1377 H/1957 M), Cet. Ke-3, Jilid II, h. 196.

Sumber: Ahkamul Fuqaha no.240
KEPUTUSAN MUKTAMAR
NAHDLATUL ULAMA KE-14
Di Magelang Pada Tanggal 14 Jumadil Ulaa 1358 H. / 1 Juli 1939 M.