Orang Kafir pada Akhir Hayatnya Mengucapkan “Laailaha Illallaah”

0

Orang Kafir pada Akhir Hayatnya Mengucapkan “Laailaha Illallaah

Pertanyaan : Seseorang yang tidak mengakui hari kiamat dan perintah-perintah agama Islam (kafir) dalam akhir umurnya mengucapkan “Laa ilaha illallaah”. Apakah dihukumi menjadi muslim ataukah tidak?.

Jawab : Tidak dihukumi menjadi orang muslim, karena tidak menyaksikan, menurut pendapat yang mu’tamad oleh para ulama yang terakhir, dan karena tidak mengakui Nabi Muhammad Saw. sebagai utusan (suruhan) Allah menurut intisarinya kitab Raudhah.

Keterangan, dari kitab:

  1. Fath al-Mu’in [1]

وَأَمَّا الْكَافِرُ فَيُلَقَّنُهُمَا قَطْعًا مَعَ لَفْظِ أَشْهَدُ لِوُجُوْبِهِ أَيْضًا عَلَى مَا سَيَأْتِى فِيْهِ إِذْ لاَ يَصِيْرُ مُسْلِمًا إِلاَّ بِهِمَا.

Adapun orang kafir maka secara pasti (tanpa khilafiyah) ia harus ditalqin dua kalimah syahadat yang disertai kata asyhadu (Saya bersaksi), karena kata itu juga wajib diucapkannya sebagaimana penjelasannya yang akan datang. Sebab, seseorang tidak menjadi muslim kecuali dengan keduanya (syahadatain).

  1. Irsyad al-‘Ibad ila Sabil al-Rasyad [2]

وَاعْلَمْ أَنَّهُ يُشْتَرَطُ فِيْ إِسْلاَمِ كُلِّ كَافِرٍ التَّلَفُّظُ بِالشَّهَادَتَيْنِ لاَ اْلإِتْيَانُ بِلَفْظِ أَشْهَدُ فَاْلأَظْهَرُ اْلإِكْتِفَاءُ بِلآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ وَهُوَ مُقْتَضَى كَلاَمِ الرَّوْضَةِ.

Maka ketahuilah, bahwa disyaratkan dalam masuk Islamnya setiap orang kafir untuk membaca dua kalimat syahadah, dan tidak hanya dengan lafadz asyhadu saja. Menurut qaul al-Azhhar, cukup dengan membaca لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ. Pendapat ini sesuai dengan pendapat dalam kitab al-Raudhah.

[1] Zainuddin al-Malibari, Fath al-Mu’in (Beirut: Dar al-Fikr, t .th). h. 139.

[2] Zainuddin al-Malibari, Irsyad al-‘Ibad ila Sabil al-Rasyad, (Surabaya: al-Hidayah, t. th.), h. 3.

Sumber: Ahkamul Fuqaha no. 202
KEPUTUSAN MUKTAMAR
NAHDLATUL ULAMA KE-12
Di Malang Pada Tanggal 12 Rabiul Tsani 1356 H. / 25 Maret 1937 M.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here