Ma’hadal ‘Ulum Diniyah Islamiyah Mesjid Raya (Mudi Mesra), Bireuen

0

Profil

Lembaga Pendidikan Islam Ma`hadal Ulum Diniyyah Islamiyyah (MUDI) Mesjid Raya berlokasi di desa Mideuen Jok Kemukiman Mesjid Raya, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen Propinsi Aceh.

Barulah pada tahun 1927, dijumpai secara jelas catatan sejarah yang meriwayatkan perjalanan pimpinan Dayah ini. Dari tahun ini Dayah dipimpin oleh Al-Mukarram Tgk. H. Syihabuddin Bin Idris dengan para santri masa itu berjumlah 100 orang putra dan 50 orang putri. Mareka diasuh oleh 5 orang tenaga pengajar lelaki dan 2 orang guru putri. Sesuai dengan kondisi zaman pada masa itu bangunan asrama tempat menampung para santri merupakan barak-barak darurat yang dibangun dari batang bambu dan rumbia.

Di masa kepemimpinan Tgk. H. Hasanoel Bashry H.G, dayah tersebut mengalami peningkatan yang semakin besar. Jumlah pelajar yang menuntut ilmu pada Dayah tesebut semakin bertambah dengan pesat. Para pelajar ini datang dari berbagai daerah baik dari dalam maupun dari luar provinsi Aceh. Berikut adalah tabel nama-nama para pimpinan Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga dari masa-ke masa:
1. Tgk. Faqeh Abdul Ghani
2. Tgk. H. Syihabuddin Bin Idris 1927-1935
3. Tgk. H. Hanafiah Bin Ibnu Abbas 1935-1964
4. Tgk. H. Abdul `Aziz Bin M. Shale 1964-1989
5. Tgk. H. Hasanoel Bashry Bin H.G 1989-sekarang

Program Unggulan :

Program mendalami kitab kuning atau gundul yang siap menjadikan siswa terbaik di bidangnya dan Program bahasa Asing (inggris dan Arab) untuk menjadikan santri bisa mengembangkan ilmunya bukan hanya di dalam negeri saja, akan tetapi bisa mengembankan ilmunya ke luar negeri

Pengasuh : ABU SYEKH H. HASANOEL BASHRY HG (ABU MUDI)

Pendiri : FAQEH ABDUL GANI (TGK. FAQEH)

Pendidikan

Pesantren Mudi Mesra mengambil cara serta metode pengajaran dan pendidikan dari Ibtidayah, Tsanawiyah, Aliyah dan Takhassus, yang mengambil masa pendidikan masih-masing selama dua tahun.

Pendidikan Formal :

1. TK Islam Al Aziziah
TK Islam Al Aziziah merupakan tempat belajar anak usia dini agar terleatih dari kecil dalam pembelajaran agama

2. Wajar Dikdas MUDI Mesjid Raya
Wajar Dikdas ini adalah kegiatan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh Yayasan dengan berkerjasama dengan Kanwil Departemen Agama. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pendidikan formal untuk santri yang belum menyelesaikan pendidikan tingkat menengah pertama dalam rangka menyahuti program wajib belajar tingkat dasar.

3. IAI Al ‘Aziziah
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Aziziyah Samalanga resmi berubah status sebagai Institut Agama Islam Al-Aziziyah, setelah disahkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI melalui SK Nomor 3776 Tahun 2014. Serah terima SK persetujuan alih status berlansung di Ruang Sidang Kementerian Agama RI di Jakarta pada Senin, 7 Juli 2014 yang dihadiri oleh Rektor Institut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga. Dr. Tgk. Muntasir, MA. Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga merupakan perguruan tinggi swasta kedua di Aceh setelah Institut Agama Islam (IAI) Al Muslim Bireuen yang mampu meraih status Institut setelah sebelumnya sejak diresmikannya pada 2003 perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Aziziyah Samalanga.

4. Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya

Pendidikan Informal :

1. TPQ Muhazzabul Akhlak Al-Aziziyah
TPQ ini menyelenggarakan pendidikan agama bagi anak-anak pada waktu sore hari. Untuk sekarang ini TPQ tersebut mengasuh lebih kurang 500 anak-anak yang berada di sekitar Samalanga

2. Mua’adalah Ulya

Pendidikan Nonformal :

1. Bale Saho
Kegiatan majlis taklim ini adalah kegiatan pendidikan agama bagi masyarakat khususnya kepada para Ibu dan Bapak yang ada di desa-desa. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa titik, di mana tenaga pengajarnya disediakan oleh Dayah.

2. Pengajian bakda subuh

3. Pengajian bakda maghrib

Sarana

Sarana yang dimiliki oleh dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga dalam rangka menunjang penidikan sangat banyak.

Luas Area : 130000 M2

Fasilitas :

1. Lokasi Komplek Yang Luas
Lokasi komplek dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga memiliki luas 12 ha.

2. Kamar Penginapan
Kamar penginapan yang ada di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga adalah bervariasi, yaitu ada yang berkonstruksi kayu dan juga konstruksi beton yang berlantai 2, berlantai 3, berlantai 4 dan berlantai 5.

3. Fasilitas Air Bersih dan Sanitasi
LPI Mudi Mesjid Raya Samalanga memiliki fasilitas air bersih dan Sanitasi.

4. Dapur bersama
Sebagaimana santri di dayah lain, tradisi penyediaan makan di dayah MUDI Mesjid Raya secara umum juga disiapkan sendiri oleh santri. Dayah hanya menyediakan tempat/dapur bersama di mana para santri meletakkan lemari masak dan peralatan masak yang diperlukan. Yang sedikit berbeda dengan dayah yang lain bahwa di dayah MUDI Mesjid Raya juga menyediakan jaringan listrik untuk fasilitas santri menggunakan Rice Cooker. Hingga saat ini fasilitas dapur yang tersedia 4 (Empat) unit dapur umum untuk santriwan, dan 2 (Dua) unit untuk santriwati. Selain itu pihak dayah juga menyediakan fasilitas catering yang berlokasi didalam komplek, yang berjumlah 4 (Empat) unit, fasilitas tersebut disediakan bagi santri yang ingin membeli atau mengambil rantangan bagi kebutuhan makan mereka.

5. Lokal belajar
Ada dua jenis lokal belajar yang ada di dayah MUDI Mesjid Raya yaitu lokal belajar berbentuk balai di mana para santri belajar sambil duduk membentuk halaqah. Dan yang satu lagi ruangan lokal yang disediakan bangku belajar. Lokal belajar hingga saat ini berjumlah 172 lokal, yang terdiri dari 108 lokal Untuk putra dan 64 lokal untuk putri.

6. Mesjid bagi santri lelaki
Sarana ibadah shalat berjamaah yang dilakukan setiap 5 waktu dipisahkan antara santri lelaki dan santri perempuan. Bagi santri lelaki sarana shalat berjamaah tersebut adalah Mesjid Raya itu sendiri yang terletak persis di tengah komplek santri lelaki.

7. Musalla bagi santri perempuan
Sarana shalat jamaah bagi santri perempuan adalah mushalla yang terletak di tengah-tengah komplek mereka.

8. Laboratorium
Laboratorium Bahasa untuk Mengembangkan keterampilan motorik siswa, Siswa akan bertambah keterampilannya dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran

9. Perpustakaan
Perpustakaan menyediakan Kitab Kitab Mutalaah, Buku Buku, mempunyai juga ruang baca yang memadai. Dan juga menyediakan pinjam bagi santri yang ingin membacanya di Luar Perpustakaan

10. Poli kesehatan

11. MCK rapi bersih

12. Koperasi

13. Kamar tamu

14. Sarana makan bersama

15. Balai pertemuan


Ekstrakurikuler :

Dayah MUDI Mesjid Raya memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan banyak nilai positif bagi santrinya.

Prestasi :

1. Juara 1 Lomba baca Kitab Kuning di NTB

Ekstrakurikuler
1. Muhadharah

2. Dalail Khairat

3. Seni baca Al Qur’an,

4. kajian kitab kuning,

5. pramuka,

6. silat,

7. PMR,

8. Kaligrafi,

9. praktek mengajar,

10. bahtsul masa’il diniyah,

11. mading (majalah dinding),

12. training khitobah,

13. Jum’at bersih,

14. olahraga,

15. bimbingan pelajaran umum,

16. kursus komputer,

17. menjahit

18. dan lain-lain

Alamat

MA’HADAL ‘ULUM DINIYAH ISLAMIYAH MESJID RAYA (MUDI MESRA)
Jl. Mesjid Raya Km. 1,5 Mideun Jok, Samalanga, 24264,KAB. BIREUEN,Aceh

Telp : ( 0644 ) 7001499
Email: sekretariat@mudimesra.com
Web : www.mudimesra.com