Sholat Arbain di Madinah

0

Pertanyaan:

Selama kami mengikuti bimbingan ibadah haji, kami diajarkan agar tidak meninggalkan salat 40 kali secara berjamaah di Masjid Nabawi. Adakah keutamaan salat tersebut? H Wawan S, Sby

Jawaban:

Salat di Masjid al-Haram, Masjid Nabawi di Madinah dan masjid al-Aqsha di palestina memiliki keutamaan tertentu yang dijelaskan dalam hadis-hadis sahih, diantaranya:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ  أَنَّ النَّبِىَّ  قَالَ صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ (رواه البخارى رقم 1190)

“Salat di masjid saya ini lebih baik daripada 1000 kali salat di masjid yang lain, kecuali masjid al-Haram” (HR al-Bukhari No 1190)
Sedangkan dalil salat jamaah Arbain adalah hadis berikut:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنِ النَّبِىِّ  أَنَّهُ قَالَ مَنْ صَلَّى فِى مَسْجِدِى أَرْبَعِينَ صَلاَةً لاَ يَفُوتُهُ صَلاَةٌ كُتِبَتْ لَهُ بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ وَنَجَاةٌ مِنَ الْعَذَابِ وَبَرِئَ مِنَ النِّفَاقِ (قلت روى الترمذي بعضه رواه أحمد والطبراني في الأوسط، ورجاله ثقات اهـ. مجمع
الزوائد ومنبع الفوائد ج 4 / ص 13)

“Diriwayatkan dari Anas dari Nabi Saw: “Barangsiapa salat di masjid ku ini (Madinah) sebanyak 40 kali salat, ia tidak pernah terlewati salat tersebut, maka ia dicatat bebas dari neraka, selamat dari siksa dan bebas dari kemunafikan”. al-Hafidz al-Haitsami berkata: Diriwayatkan oleh Turmudzi sebagiannya, diriwayatkan oleh Ahmad dan Thabrani dalam al-Ausath, para perawinya terpercaya. Majma’ az-Zawaid 4/13)

Sumber: Buku JAWABAN AMALIYAH DAN IBADAH
Yang Dianggap Bid’ah, Sesat, Syirik dan Kafir