Posisi Tangan Wanita ketika Sujud

0
Foto : Google

Sujud merupakan salah satu rukun dalam shalat dan merupakan lambang ketawadluan seorang hamba kepada Allah SWT. Terdapat sedikit perbedaan dalam sujud antara wanita dan laki-laki saat shalat. Ada yang menyebutkan bahwa tangan wanita harus mendekap dada, sedangkan ada juga yang menyebutkan bahwa saat sujud tangan wanita  adalah melebar tidak di dada? Bagaimana sebenarnya posisi tangan wanita ketika sujud ? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Ada hadits tentang sikap sujud wanita, posisi tangan yang mendekap dada, yaitu hadits riwayat Imam al-Baehaqi. Dalam Al-Fiqh al-Islaam II/162 dijelaskan, menurut kalangan Syafi’iyyah : Disunahkan bagi wanita menyelisihi shalat laki-laki dalam 6 perkara : mengumpulkan anggota tubuh satu dengan lainnya saat sujud dalam arti kedua sikunya dipertemukan dengan kedua lambungnya dan perutnya dipertemukan dengan kedua pahanya. Sedangkan untuk laki-laki maka jauhkan kedua sikunya dari kedua lambungnya dan angkatlah perutnya dari kedua pahanya, berdasarkan hadits riwayat al-Baehaqi dalam masalah sujud perempuan di atas : Sesungguhnya Baginda Nabi menemukan dua wanita yang sedang shalat kemudian beliau bersabda “Bila kalian berdua sujud maka pertemukan sebagian daging pada tanah, sesungguhnya sujud wanita tidak sama seperti laki-laki” (HR al-Baehaqi). Wallohu a’lam.

–  Al-Fiqh al-Islaam II/162 :

يسن للمرأة مخالفة الرجل في ستة أمور ذكرها الشافعية:

أولاً ـ تضم بعضها إلى بعض في السجود، بأن تضم مرفقيها إلى جنبيها وتلصق بطنها بفخذيها، أما الرجل فيباعد مرفقيه عن جنبيه، ويرفع بطنه عن فخذيه، لحديث رواه البيهقي في المرأة (3) .

(1) نصه: أن النبي صلّى الله عليه وسلم مرّ على امرأتين تصل

 

Sumber : Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB