MA Ma’arif NU Blitar: Didik Generasi Muslim Kaffah, Alim dan Handal

0

Profil MA Maarif NU Blitar

Berdiri sejak tahun 1994. Semula bernama Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) NU Blitar. Mulai tahun pelajaran 1993/1994 sampai dengan akhir tahun pelajaran 1995/1996 penyelenggaraan pendidikan MAK NU Blitar dilaksanakan di gedung lama, Jl. Semeru 11 Blitar. Kemudian mulai tahun pelajaran 1996/1997 kegiatan pendidikan diselenggarakan di lokasi gedung baru Jl. Ciliwung 52 Blitar.

Dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan, MA Maarif NU Blitar mengetrapkan Boarding School System yaitu semua siswa tinggal di asrama/pondok pesantren yang berada dilingkungan kampus MA Maarif NU Blitar. Jl. Ciliwung 52 Blitar. Dengan model diasramakan ini, siswa mengikuti kegiatan pendidikan dalam tiga alokasi waktu, Intra Pagi, Intra Sore dan Diniyah Malam. Intra pagi, kegiatan pendidikan yang melaksanakan secara penuh kurikulum pendidikan sebagaimana ditetapkan Departemen Agama RI. Intra sore, pelaksanaan kegiatan pendidikan yang diarahkan pada pengembangan kemampuan bahasa (Arab dan Inggris) dan ketrampilan, minat bakat siswa. Sedangkan Intra Malam, merupakan penyelenggaraan kegiatan pendidikan pondok pesantren dengan kurikulum madrasah diniyah sebgai sarana tafaqquh fiddin (memperdalam ilmu-ilmu agama) Perkembangan MA Keagamaan NU Blitar dapat dikatakan cukup pesat. Dari aspek jumlah murid, dalam tiga tahun terakhir ini peningkatannya rata-rata mencapai 30 persen. Pada tahun pelajaran 2002-2003 ini jumlah muridnya sebanyak 242 siswa yang dibina oleh 54 guru/pengasuh.

Pada bulan April 2001, setelah dilakukan akreditasi oleh Tim dari Departemen Agama Propinsi Jawa Timur statusnya dari status diakui menjadi status disamakan. Pada waktu Akreditasi tahun 2005, MA Maarif NU memperoleh peringkat Akreditasi B.

Dengan status disamakan, maka MA Maarif NU Blitar yang sebelumnya hanya membuka satu program Keagamaan, maka sejak Tahun Pelajaran 2001/2002 membuka jurusan baru, yaitu jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemudian pada tahun pelajaran 2005/2006 dengan status terakreditasi B, maka dibuka Jurusan IPA.

Visi-misi

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu Madrasah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. MA MAARIF NU BLITAR memiliki citra moral yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi Madrasah berikut: ”Menjadikan peserta didik generasi muslim kaffah, Alim dan handal” Indikator Visi :

  1. Memiliki landasan iman dan taqwa yang kokoh.
  2. Memiliki ilmu mendalam dan wawasan yang luas.
  3. Mengamalkan ilmu dan pengetahuan untuk mengabdi kepada Allah Swt dan kemaslahatan umat manusia.
  4. Bersikap disiplin
  5. Berorientasi masa depan (future oriented)
  6. Bertindak dengan kualitas prima.

Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita madrasah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekikinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.

Untuk mewujudkannya, Madrasah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut

  1. Mengembangkan lembaga pendidikan menengah bercirikan Islam sistem Boarding School dengan memadukan pendidikan formal (Madrasah Aliyah) dan non formal (pondok pesantren).
  2. Menginternalisasikan nilai-nilai Keislaman ala Ahlissunnah wal jamaah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memiliki ruhul jihad (semangat juang) yang tinggi dalam membela Negara dan bangsa, menegakkan garis perjuangan Rosulullah SAW dan para ulama serta bersemangat dalam menjalani kehidupan.
  3. Memberikan bekal kemampuan dasar bagi lulusan untuk ‘melanjutkan pendidikan’ dan ‘hidup bermasyarakat’ di era yang cepat berubah.
  4. Mengembangkan lingkungan madrasah yang mendorong tumbuhnya sikap kompetitif meraih prestasi akademik maupun non akademik dan sikap demokratis.
  5. Menyediakan berbagai media dan sarana yang dapat memacu berkembangnya setiap potensi minat bakat anak didik secara maksimal.

    Program Jurusan

    1. Keagamaan
    2. IPA
    3. IPS

    Fasilitas

gedung sekolah, ruang kepala sekolah, kantor, lab komputer, gudang, lapangan, parkir, ruang kelas, lab IPA, sarana olahraga, lab bahasa

    Ekstrakurikuler

Pramuka, seni baca al Qur’an, kajian kitab, hadrah, PBB, voli, sepakbola, tari, PMR, Paskibra, Marching band.

 

   

Alamat

Jl. Ciliwung No.52, Bendo, Kepanjen kidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66116

Telepon : +62 342 807123

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here