MAK NU Blitar, Didik Generasi Muslim Kaffah, Alim dan Handal

0

Beridiri sejak tahun 1994. Semula bernama Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) NU Blitar. Mulai tahun pelajaran 1993/1994 sampai dengan akhir tahun pelajaran 1995/1996 penyelenggaraan pendidikan MAK NU Blitar dilaksanakan di gedung lama, Jl. Semeru 11 Blitar. Kemudian mulai tahun pelajaran 1996/1997 kegiatan pendidikan diselenggarakan di lokasi gedung baru Jl. Ciliwung 52 Blitar.

Dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan, MA Maarif NU Blitar mengetrapkan Boarding School System yaitu semua siswa tinggal di asrama/pondok pesantren yang berada dilingkungan kampus MA Maarif NU Blitar. Jl. Ciliwung 52 Blitar. Dengan model diasramakan ini, siswa mengikuti kegiatan pendidikan dalam tiga alokasi waktu, Intra Pagi, Intra Sore dan Diniyah Malam. Intra pagi, kegiatan pendidikan yang melaksanakan secara penuh kurikulum pendidikan sebagaimana ditetapkan Departemen Agama RI. Intra sore, pelaksanaan kegiatan pendidikan yang diarahkan pada pengembangan kemampuan bahasa (Arab dan Inggris) dan ketrampilan, minat bakat siswa. Sedangkan Intra Malam, merupakan penyelenggaraan kegiatan pendidikan pondok pesantren dengan kurikulum madrasah diniyah sebgai sarana tafaqquh fiddin (memperdalam ilmu-ilmu agama) Perkembangan MA Keagamaan NU Blitar dapat dikatakan cukup pesat. Dari aspek jumlah murid, dalam tiga tahun terakhir ini peningkatannya rata-rata mencapai 30 persen. Pada tahun pelajaran 2002-2003 ini jumlah muridnya sebanyak 242 siswa yang dibina oleh 54 guru/pengasuh.

Pada bulan April 2001, setelah dilakukan akreditasi oleh Tim dari Departemen Agama Propinsi Jawa Timur statusnya dari status diakui menjadi status disamakan. Pada waktu Akreditasi tahun 2005, MA Maarif NU memperoleh peringkat Akreditasi B.

Dengan status disamakan, maka MA Maarif NU Blitar yang sebelumnya hanya membuka satu program Keagamaan, maka sejak Tahun Pelajaran 2001/2002 membuka jurusan baru, yaitu jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemudian pada tahun pelajaran 2005/2006 dengan status terakreditasi B, maka dibuka Jurusan IPA.

 

Fasiltas

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan

 

Ekstrakurikuler
  1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf);
  2. Pembinaan Tilawatil Qur’an;
  3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab);
  4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari;
  5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah,
  6. Kepramukaan
  7. Pengembangan Olahraga
  8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis,
  9. Pengembangan Seni Beladiri
  10. Tahfidhul Qur’an;
  11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik,
  12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

 

Alamat:

Jl. Ciliwung No.52, Bendo, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66116, Indonesia
Telepon : +62 342 807123

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here