Wisata Ziarah Tasikmalaya

0

 

Tasikmalaya adalah sebuah kota kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat. Tasikmalaya juga berbatasan langsung dengan kabupaten yang juga mempunyai banyak tujuan tempat wisata seperti halnya kabupaten pangandaran dan juga garut.

Kabupten Tasikmalaya terkenal dengan kerajinanan tangan dan mempunyai makanan khas Nasi Tutung oncom. Tasikmalaya mempunyai objek wisata yang sangat lengkap mulai dari wisata budaya hingga wisata alam yang sangat menarik untuk di kunjungi.

Konon Tasikmalaya dikenal dengan julukan Mutiara dari Priangan Timur, Delhi Van Java & Kota Santri. Dan wajar kalau Tasikmalaya mendapat julukan Kota Santri, sebab di wilayah ini menyebar banyak sekali pondok pesantren & mayoritas warganya sempat mengaji atau Nyantri dipondok, & yg paling ternama & paling gede yaitu Pesantren KH Zainal Mustafa, PP Suryalaya, PP Cipasung & Miftahul Huda Manonjaya. Tak heran benar-benar sebab daerah ini serta jadi salah satu titik penyebaran Islam.
Di balik nama Kota Santri itu, Tasik menaruh suatu makna. Tasik jadi salah satu dari tiga destinasi ziarah paling besar di ja-bar. Di Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong terdapat wisata ziarah yg dikenal dengan nama Makam & Gua Pamijahan. Makam & Gua Pamijahan di Tasik, jadi salah satu destinasi ziarah yg paling besar di Jawa Barat. Konon didalam Gua Pamijahan ada suatu lubang yg tembus ‘menuju Makkah’.

Makam Syekh Abdul Muhyi

Makam Syekh Abdul Muhyi merupakan obyek ziarah utama di seluruh situs Pamijahan selain makam Bengkok, makam Sembah Ajeng Tangan Ziah, makam Kidul, dan makam Syekh Khotib Muwahid.

Makam Syekh Abdul Muhyi terletak ditebing sebelah utara Cipamijahan, makam ini seolah berada di atas bukit yang dikelilingi hamparan sawah yang subur. Di sekitar kompleks makam tumbuh pepohonan besar yang memberi kesan rindang dan teduh; suatu kondisi alamiah yang sangat mendukung fungsi kekeramatannya.

Berbeda dengan komplek makam lain, kuburan Syekh Abdul Muhyi mendapat perlakuan sangat khusus.

Di samping bangunannya sangat megah dari konstruksi beton permanen juga tersedia berbagai fasilitas yang menunjang aktivitas ziarah seperti masjid, kolam dan sarana air bersih serta balai-balai yang dapat digunakan para peziarah melakukan zikir. Di daerah inti Pamijahan terdapat beberapa perilaku yang wajib ditaati pengunjung, seperti dilarang merokok, naik sepeda dengan atau tanpa motor.

Selain komplek keramat, sekitar 2 km dari tempat makam Syekh Abdul Muhyi, terdapat Gua Safawardi.

Gua ini terbentuk secara alamiah sebagai hasil proses geologi biasa. Gua tersebut memiliki dua pintu, tetapi secara tradisional, jalur yang dianggap pintu masuk terletak di sebelah tenggara (Kampung Pamijahan) dan pintu keluar di sebelah barat laut (Kampung Panyalahan). Diukur dari kedua pintu itu, panjang gua mencapai sekitar 284 m dan bagian terlebar mencapai 24,50 m. Menurut perhitungan juru pelihara, ruang dalam gua tersebut mempunyai keluasan 6.950 m2, yang tertutup bukit terjal seluas 26.568 m2.

Dari ujung ke ujung terdapat jalan masuk yang sempit. Bagian dalam gua memiliki ruangan cukup luas dan dapat menampung puluhan orang.

Pada sepanjang jalan gua ini, tampak langit-langit gua dipenuhi stalaktit Dan stalagmit. Sesungguhnya jalan gua ini merupakan sumber air yang seterusnya dialirkan ke bagian luar untuk masuk ke sungai Pamijahan. Jalan utama dalam gua ini sebuah jalur lurus dengan orientasi barat ke timur. Di sebelah utara terdapat lorong-lorong yang secara tradisional dianggap jalan mistik dengan berbagai tujuan. Konon katanya jalan mistik ini bisa tembus sampai ke Mekah.

Di dalam gua terdapat sebuah lorong yang dinamai pangtapaan (tempat bertapa). Tempat ini menjadi lokasi pertama dalam proses ziarah ke dalam gua. Setelah keluar dari pangtapaan, orang dapat mengunjungi ceruk kecil mengandung sumber air bawah tanah yang ditandai sebagai zamzam. Di sini pengunjung dapat mengambil air suci dalam botol-botol plastik yang nantinya sebagai bekal.

Pamijahan di Tasikmalaya dikenal sebagai salah satu pusat kegiatan ziarah terbesar di Jawa Barat setelah Cirebon dan Banten. Daya tarik utamanya selain terdapat makam Syekh Abdul Muhyi, juga adanya Gua Saparwadi yang merupakan tempat peziarah melakukan perjalanan spiritual dan mengambil air suci. Ritual keagamaan yang melibatkan puluhan ribu orang pada setiap hari raya Islam itu telah menjadikan Pamijahan sebagai obyek wisata potensial yang memberi kontribusi besar bagi peningkatan pendapatan masyarakat.

Menurut Usman, penjaga makam Syekh Abdul Muhyi, pada hari besar Islam seperti bulan Rabbi’ul Awwal (kelahiran Nabi), bulan Sya’ban (menjelang ibadah ramadhan) dan bulan Muharram (tahun baru Hijriyah), peziarah bisa mencapai 10.000 orang per hari. “Kendaraan yang parkir khusunya bus, bisa sampai parkir keluar terminal yang jaraknya mencapai 1 km,” ujarnya ketika membersihkan halaman sekitar.

Ziarah Makam Abah Anom, Penyejuk Hati dari Suryalaya

Gapura Masuk Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya

Letak Makam Abah Anom berada di dalam areal Podok Pesantren Suryalaya. Jarak menuju ke Pondok Pesantren Suryalaya dari kota Tasikmalaya adalah 28,1 km, apabila ditempuh dengan menggunakan mobil maka lama tempuh perjalanan adalah kurang lebih 36 menit.Lokasi Makam Abah Anom, terletak di Pondok Pesantren Suryalaya, Jalan Suryalaya Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pageragung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46158. Pesantren Suryalaya terletak di antara Malangbong dan Tasikmalaya.

Pemandangan disekitar jalan menuju Pondok Pesantren Suryalaya luar biasa indah, mata disuguhkan dengan pegunungan berjajar, sawah menghijau dan jalan yang yang halus tidak berlubang.

Gubah Makam Abah Anom di Puncak Suryalaya

Untuk berziarah ke makam Abah Anom di Puncak Suryalaya, terdapat waktu khusus agar dapat berada di dalam bagunan Gubah Makam Abah Anom, yaitu sebelum pukul 12 siang. Setelah pukul 12 siang, bagunan Gubah Makam Abah Anom akan ditutup dan dikunci.  Peziarah dapat berziarah dari sisi luar makam.Jalan menuju makam Abah Anom di Puncak Suryalaya dapat ditempuh dari dua jalan, yaitu dari bagian depan, melalui tangga di sisi kiri Masjid Nurul Asror dan dari bagian belakang, melalui tangga disisi belakang Masjid Nurul Asror.

Perbedaan kedua jalan tersebut adalah dari bentuk tangga menuju Puncak Suryalaya. Apabila memilih jalan pertama yaitu bagian depan maka jalan akan menanjak lurus apabila jalan kedua, melalui bagian belakang maka jalan menajak dan berbelok – belok dengan melewati pemakaman keluarga Abah Anom.

Jalan Depan Menuju Puncak Suryalaya

Makanan Khas

 

1. Nasi Cikur Khas Tasikmalaya

Nasi Cikur Khas Tasikmalaya

Di sebuah warung kecil yang terletak di pertigaan jalan Panyerutan-jalan Tentara pelajar, ada makanan yang bernama nasi cikur. Dan disini adalah satu-satunya warung yang menjual nasi cikur khas Tasikmalaya. Namun walaupun nasi cikur ini berada di tempat yang sederhana saja, soal rasa boleh diacungi jempol. Ditambah lagi harganya yang murah sehingga membuat hati dan juga perut menjadi senang dan kenyang.

 

 

2. Bubur Ayam H Zaenal

Bubur Ayam H Zaenal

Buat kamu penggemar bubur, nggak usah pusing cari tempat makanan enak ini. Sebab di daerah Raden Ikik Wiradikarta ini kamu akan menjumpai bubur ayam yang lezat dan juga gurih. Bubur ayam Tasik ini lebih kental dan juga memiliki banyak taburan sayur dan ayam di atasnya.

 

 

3. Mie Bakso Laksana

Mie Bakso Laksana

Bakso memang merupakan salah satu makanan favorit semua orang. Itu sebabnya banyak pedagang makanan yang juga menjual bakso. Namun dari sekian banyaknya penjual mie bakso, di jalan Pemuda no.5 Tasikmalaya terdapat mie bakso yang enak.

4. Soto Ayam pataruman Tasikmalaya

Soto Ayam pataruman Tasikmalaya

Selain mie bakso, soto adalah makan berkuah yang juga sering dijadikan sebagai menu favorit. Makanan yang dicampur dengan beberapa macam sayuran ini memang cukup banyak diminati. Seperti halnya soto ayam milik Ibu Rina. Usaha kuliner yang sudah dikelola sejak tahun 60an itu dapat bertahan hingga kini. Sebab soto ayam yang berlokasi di jalan Pataruman No.23, Tasikmalaya ini selalu berusaha untuk mempertahnkan citarasanya yang khas. Oleh karena itu rasa yang diberikan sudah tidak diragukan lagi.

5. Martabak Ramayana Tasikmalaya

Martabak Ramayana Tasikmalaya

Siapa sih yang nggak suka martabak? Tentu kamu suka kan? Begitu juga dengan hampir semua orang yang ada di berbagai kota. Makanan manis ini dapat kita jumpai di bermacam-macam kota termasuk juga di Tasikmalaya. Namun dari banyaknya pedagang martabak, ada martabak yang bernama martabak ramayana. Martabak ini dapat kamu cicipi di jalan Tentara Pelajar kota Tasikmalaya.

 

6. Kupat Tahu Tasikmalaya

Kupat Tahu Tasikmalaya

Kupat tahu? Ya, makanan ini adalah salah satu menu khas yang juga ada di Tasikmalaya. Jadi kalau kamu adalah orang luar yang sedang berkunjung di Tasikmalaya, maka sebaiknya kamu mencicipi makanan tersebut. Makanan tersebut dapat kamu temukan di jalan Raya Mangunreja, Singaparna.

7. Tahu Bulat

tahu bulat enak khas tasikmalaya

Jika di Sumedang terdapat makanan enak seperti tahu, maka begitu juga dengan Tasikmalaya. Disini kamu juga bisa menemukan makanan enak seperti tahu bulat. Tahu bulat ini merupakan salah satu makanan khas di Tasikmalaya. Dengan begitu kamu biasa mencarinya dengan mudah. Karena banyak pedagang yang juga menjual tahu bulat.

Oleh-oleh

 

Kolontong

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/oleh-oleh-khas-kota-tasikmalaya.html

Nah ini  oleh-oleh makanan ringan yang bisa anda bawa pulang apabila berkunjung ke kota tasikmalaya jawa barat yaitu kelontong, makanan ini terbuat dari beras ketan yang di proses sangat panjang sehingga menjadi kelontong yang sangat enak sekali.

Rengginang

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/oleh-oleh-khas-kota-tasikmalaya.html

Untuk orang-orang sunda rengginan memanglah telah tak asing lagi. Rengginang yang disebut camilan ini umumnya di taruh didalam kotak kaleng sisa kue yang senantiasa ada di hari-hari besar seperti lebaran maupun hari-hari yang lain.

Opak

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/oleh-oleh-khas-kota-tasikmalaya.html
Nah makanan ringan ini kalau di kota di sebut opak, makanan ini di kota begitu sangat populer sekali, banyangkan saja di setiap hajatan atau syukuran opak ini pasti selalu ada, oleh karena itu makanan ringan ini sangat di gemari oleh masyarakat tasikmalaya

 

Sale Pisang

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/oleh-oleh-khas-kota-tasikmalaya.html

Mungkin makanan ini juga ada di kota-kota besar yang lainnya. Sale pisang itu terbuat dari pisang yang di sisir sangat tipis dan di jemur di bawah sinar matahari, sale pisang ini bisa langsung di makan atau juga di goreng menggunakan tepung, rasanya mantappp.

Wajit

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/oleh-oleh-khas-kota-tasikmalaya.html

Wajit merupakan makanan ringan yang terbuat dari ketan yang di padukan dengan kepala yang di haluskan dan di panaskan bersamaan dengan manisnya gula merah, sehingga wajit ini rasanya sangat manis.

Kripik Sukun

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/oleh-oleh-khas-kota-tasikmalaya.html

Keripik sukun juga menjadi makanan favorit soalnya membuat makanan yang satu ini tidak susah cukup mudah, sediakan saja buah sukun yang lumayan sudah matang, lalu potong-potong menjadi bagian yang kecil, setelah itu goreng dan setelah matang kasih bumbu dan akhirnya bisa di makan, bagaimana cukup mudah bukan, ada yang lebih mudah lagi yaitu caranya beli langsung dan datang ke kota tasikmalaya, sekalian liburan.

Payung Geulis 

Nah ini juga jangan sampai lupa membelinya soalnya payung geulis ini merupakan ikon kota tasikmalaya. Harganya sangat terjangkau ada yang Rp. 20.000,- 30.000,- Rp. 50.000, tergantung ukuran.

 

Kelom Geulis

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/oleh-oleh-khas-kota-tasikmalaya.html
Kalau anda berkunjung ke kota tasikmalaya jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas tasik yaitu Kelom Geulis, Kelom Geulis ini di buat secara manual oleh tangan. Agar tampak menarik Kelom Geulis ini di beri hiasan. Kelom Geulis juga bisa menjadi oleh-oleh yang sangat spesial bagi istri, anak, dan juga pacar anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here