Wisata Ziarah Karawang

0

Kabupaten Karawang adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Karawang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor di barat, Laut Jawa di utara, Kabupaten Subang di timur, Kabupaten Purwakarta di tenggara, serta Kabupaten Cianjur di selatan ini memiliki luas wilayah 1.737,53 km2, dengan jumlah penduduk 2.125.234 jiwa (sensus 2010) yang berarti berkepadatan 1.223 jiwa per km2.[5] Pada tahun 2012-an Kabupaten Karawang sedang dibanjiri proyek-proyek besar yaitu Summarecon, Agung Podomoro, Agung Sedayu, Metland dan lain-lain. Rencananya Karawang akan memiliki bandara internasional, dan kereta cepat yang berada di selatan kota Karawang

1.  Manggung Jaya

 

Related image

Di Desa Manggung Jaya Komplek Pemakaman para mantan Bupati berada, di komplek Makam ini semula hanya Bupati Pertama yaitu Raden Singaperbangsa, demi memudahkan penyelenggaraan Upacara yang berkaitan dengan berdirinya Kabupaten Karawang, maka Makam Para Bupati Tempo Dulu dipindahkan ke Komplek Pemakaman ini.
Lokasi : Desa Manggung Jaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang
Jarak : 40 km dari Pusat Kota Karawang

2.  Makam Nyi Mas Rara Santang

  Maqom Anak Raja Pajajaran Tidak Tersentuh Perhatian Dari Pemda Karawang
Nyi Mas Rara Santang atau Nyi Mas Ratu Gamparan, adalah Putri Raja Pajajaran yang bernama Raden Pamanah Rasa bergelar Prabu Siliwangi dari Permainsuri yang bernama Nyi Subanglarang, beliau adalah murid pertama Pesantren Syech Quro.
Nyi Mas Rara Santang meninggalkan Kerajaan Pajajaran, menyusul Kakaknya Raden Walang Sungsang yang sedang mencari Syariat Agama Islam.
Dalam kejaran tentara Kerajaan Pajajaran beliau keluar masuk hutan, karena kakinya bengkak di satu Dusun beliau beristirahat dibawah pohon kosambi sambil bersemedi, lalu beliau menggali tanah hingga keluar mata air yang kemudian disebut Air Suci.
Sampai saat ini Makam Nyi Mas Rara Santang masih didatangi Masyarakat untuk Ziarah, karena beliau adalah Penyebar Agama Islam di Karawang.
Lokasi : Desa Jayakerta, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang
Jarak : 30 km dari Pusat Kota Karawang

3.  Makam Syech Quro

 


Di Desa Pulokelapa Makam Penyebar Agama Islam pertama di Kabupaten Karawang yaitu Syech Quro, Nama aslinya ialah Syech Hasanuddin yang berasal dari Gujarat, nama Syech Quro adalah gelar yang diberikan Masyarakat karena beliau adalah Ulama yang Arif Bijaksana dan sangat Hafidz Al Quran.

makam syekh quro
Setiap Malam Sabtu banyak Masyarakat ber Tawasul dan Wirid di Makam ini, memanfaatkan Doa kepada Allah SWT untuk mohon ampunan dan keselamatan serta mengenang Jasa Beliau sebagai Penyebar Agama Islam di Karawang.
Lokasi : Desa Pulokelapa, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang
Jarak : 28 km dari Pusat Kota Karawang

 

 

Makanan Khas

 

1.Sorabi Hijau Rengasdengklok (Sorabi Kuntilanak)

makanan khas karawang sorabi kuntilanak

Siapa yang belum mencicipi sorabi hijau Rengasdengklok? Belum lengkap bagi Anda yang hobi kuliner khususnya orang Karawang jika belum mencicipi makanan yang mempunyai rasa khas dibanding sorabi yang dijual di tempat lain. Dengan bahan tambahan alami berupa daun suji, sorabi ini telah terkenal sebagai makanan khas dari Rengasdengklok Karawang. Dari kalangan pejabat, masyarakat biasa hingga mereka dari luar negeri pun pernah mencicipi makanan khas Karawang ini.

Sorabi hijau buatan bapak M. Kasim ini, pertama kali diluncurkan pada tahun 1995. Sorabi hijau ini dikenal juga dengan nama sorabi kuntilanak, karena tempat jualannya berada di depan pemakaman umum.Untuk menikmatinya, Anda bisa membelinya dengan harga Rp 25000 per pack, isinya 10 biji. Sorabi ini tidak mengggunakan bahan pengawet, adapun warna hijau pada sorabinya berasal dari daun suji yang menjadi ciri khas dan menghasilkan aroma wangi yang khas.

Sorabi ini enak dimakan bersama cairan gula yang disediakan dengan dua rasa, rasa durian dan gula merah biasa. Rasa durian yang paling banyak di minati oleh pengunjung karena aromanya sangat khas yaitu aroma durian. Bapak Kasim selaku ownernya menjamin bahwa untuk gula ini pun Ia tidak menggunakan zat perasa, akan tetapi asli dari durian dan gula merah. Kelebihan lainnya yang juga menjadi ciri khas baik dalam pembuatannya maupun aroma rasanya adalah bahan bakarnya yang dari kayu dengan cetakan tradisional dari dari tanah liat.

2.Opak Ketan Rawagede

makanan khas karawang opak ketan

Opak ketan mungkin hampir ada di setiap daerah, tetapi opak ketan di Rawagede ini memiliki rasa yang lain dari yang lain. Ada rasa khas tersendiri dibanding opak-opak ketan lainnya. Opak ketan Rawagede bentuknya kecil-kecil, sangat berbeda sekali dengan opak ketan buatan orang lain yang besar-besar. Jadi hanya 2 kali gigit langsung habis. Kelebihannya adalah pada rasanya yang renyah dan gurih yang akan membuat kita ketagihan.Terutama untuk opak yang baru dibakar.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat opak ketan tersebut tidaklah terlalu istimewa. Bahan-bahan yang biasa beredar dipasaran sudah cukup baik menghasilkan opak ketan yang gurih dan garing. Memang kalau mau lebih baik lagi, bahan-bahannya harus yang kualitasnya lebih bagus lagi, tapi ini juga sudah enak dan beda dengan yang lain, Beras ketan, santan kelapa, sedikit garam sudah cukup untuk menghasilkan opak ketan yang gurih dan garing.

 

3.Ikan Gabus Bumbu Pucung

makanan khas karawang gabus bumbu pucung

Makanan khas Karawang yang tak kalah lezat adalah ikan gabus bumbu pucung .Menu khas ini adalah sayur ikan gabus bumbu pucung. Menu khas ini sebenarnya masakan khas betawi yang disebut “Gabus Pucung” yaitu ikan gabus yang dimasak dengan pucung/keluwak (mirip dengan masakan rawon khas Jawa Timur). Satu kilogram Ikan gabus, yang jumlahnya antara tiga dan empat ekor, dapat dimasak menjadi lima porsi. Seporsi sayur gabus dijual Rp. 6,000 – 12.000.

Ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan dijual dalam keadaan hidup, segar maupun menjadi gabus asin. Menurut pak Nana (38) salah seorang pemasok ikan gabus di warung makan, bahwa ikan gabus yang Ia peroleh berasal dari tangkapan alam, bukan dari hasil budidaya. Nah loh, pantesan mahal. Apalagi penyebarannya tidak merata, hanya ada di Lemahabang, Rawamerta, Telagasari dan loncat ke Bekasi di Kec. Sukatani dan pengelolanya biasanya masih keturunan Betawi.

4.Pepes Walahar

makanan khas karawang pepes

Inilah pepes  yang kondang di Karawang. Lokasinya tak jauh dari pintu tol karawang timur yang menuju ke kawasan industry Texmaco. Disini anda akan menemukan sebuah bendungan yang bernama walahar. Lokasi kedai pepesnya terletak di seberang bendungan, melalui sebuah jembatan kecil. Menu yang paling dicari oleh banyak orang sudah tentu adalah pepesnya, ada beberapa jenis pepes disini, diantaranya: pepes ayam, pepes jambal, pepes jamur, pepes teri, pepes oncom, pepes ikan mas, pepes tahu, dan pepes usus.

Pepes ini biasa disajikan bersama lalapan, tahu dan tempe goreng, serta sambal terasi. Tetapi yang menjadi menu favorit makanan khas karawang adalah pepes jambal. Dengan ikannya yang empuk dan gurih dalam balutan yang sedap betul yang biasanya disediakan dengan aneka lalapan, tahu, dan tempe goreng serta sambal terasi.

Pepes Walahar cukup kondang di telinga orang-orang Karawang dan juga orang luar kota, tak jarang banyak yang rela jauh-jauh datang dari luar kota untuk menikmati kelezatan pepes disini. Kedai ini didirikan oleh H. Dirdja dan Hj. S. Kurnia sejak tahun 1987, namun lebih terkenal dengan nama Pepes Walahar karena lokasinya berdekatan dengan bendungan Walahar yaitu terletak di seberang bendungan.

 

5.Soto Gempol

makanan khas karawang soto haji abdul

Soto yang satu ini sangat terkenal di kota Karawang, siapa lagi kalau bukan soto gempol. Sebagian besar warga Karawang sudah sangat mengenal soto Gempol, maklumlah soto ini sudah ada sejak tahun 1980-an oleh H. Abdul Syukur dan Hj. Fatimah.Menu andalan disini sudah tentu adalah Soto Gempol-nya, tersedia 4 pilihan soto diantaranya : soto ayam, soto daging, soto babat, dan soto usus. Tapi jika mau mencoba semuanya tinggal pesan saja soto campur.

Soto gempol mirip dengan soto betawi, cuma soto gempol warna kuahnya lebih kekuningan sedangkan soto betawi kuah santannya berwarna putih. Biasanya disajikan bersama taburan emping dan daun bawang, disertai dengan acar dan perasan jeruk nipis membuat soto ini menjadi semakin gurih dan lezat. Layanan yang diberikan di soto gempol lumayan cepat sehingga pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama.

 

6.Soto Tangkar Mang Nean

makanan khas karawang soto pak nean

Salah satu makanan khas Karawang adalah soto tangkar, soto ini mudah ditemukan di berbagai jalan di kota Karawang. Salah satu soto tangkar yang terkenal adalah soto tangkar mang nean yang mulai buka pukul 10 pagi hingga pukul setengah 11 malam. Walaupun cuma warung kaki lima, tapi soto tangkar mang nean tak kalah rasanya dengan yang ada di restoran-restoran besar.

Soto disajikan dalam mangkuk dengan kuah santan berwarna kekuningan, dengan pelengkapnya nasi putih, emping, sambal dan jeruk nipis. Soto tangkar mang nean terkenal dengan kikilnya yang empuk dan gurih tidak seperti kebanyakan soto tangkar yang lain. Selain menu soto tangkar, tersedia juga sate empal, sate otak, dan sate jeroan.

 

7.Tahu Bumbu

makanan khas karawang tahu bumbu

Di Karawang, Anda bakal menjumpai banyak sekali penjual menu tahu bumbu. Sebagian besar dijajakan dengan gerobak di pinggir-pinggir jalan menggunakan kedai tenda sederhana. Salah satunya di salah satu ruas jalan yang menjadi pusat kuliner di Karawang, yaitu di Jl. Dewi Sartika. Di sana ada kedai tahu bumbu sari rasa yang sudah ada sejak tahun 1986. Tahu bumbu sebenarnya mirip dengan olahan tahu di beberapa daerah, namun berbeda nama.

Menu ini menyajikan tahu yang digoreng, lalu disajikan dengan nasi atau irisan lontong. Penyumbang kelezatannya tentu saja dari saus kacang tanah yang kental, sedikit pedas, plus kucuran kecap manis. Taburan bawang goreng dan kerupuk jadi pelengkapnya. Nah, menu seharga Rp 6.500 ini pun siap disantap. Sekilas menu ini mirip dengan kupat tahu di Bandung, atau nasi tahu di Kudus. Tahu dan saus kacang sepertinya menjadi paduan umum dalam kuliner Indonesia.

Sebagai lauk tambahan, tersedia bakwan, risoles, hingga telur asin yang bisa Anda pilih. Kedai milik Bpk. Edo ini berada bersama deretan Kedai Soto tangkar mang nean yang kondang itu. Dalam sehari, kedai ini menghabiskan 1-2 papan tahu. Agar sajiannya selalu hangat, tahu terus menerus digoreng menggunakan api kecil. Jadi terkadang ada tahu yang kulitnya sampai kering dan justru banyak disukai.

8.Ayam Panggang M Ochit

makanan khas karawang m ocit

 

Makanan khas  karawang selanjutnya yaitu ayam panggang. Salah satu kedai yang cukup ramai adalah milik M. Ochit . Letaknya di depan SD Mandalasari. Konsep kedainya juga menggunakan tenda sederhana, tapi cukup provokatif karena panggangannya diletakkan di luar dengan asap yang membubung kemana-mana. Tumpukan ayam utuh juga tampil ‘mengundang’ dibalik kaca gerobaknya. Ayam panggang di sini dijual per ekor. Konsepnya memang lebih untuk makan ramai-ramai di rumah atau untuk oleh-oleh.

Uniknya, ayam ini sama sekali tidak direbus dulu dengan bumbu, melainkan dibumbui dalam kondisi mentah saja. Bumbunya terasa gurih, bersama warung kuning pertanda ada peran kunyit sebagai komponen bumbunya. Ayam dilipat sedemikian rupa sehingga paha dan sayapnya saling melipat kokoh. Saat pembeli datang, barulah ayam dipanggang sampai matang.Saat dicicipi, wah, bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Selain itu dagingnya juga empuk, mudah sekali disobek. Soalnya pakai ayam kampung muda, sekitar umur 4 bulanan.

 

Oleh-oleh

1. Soerabi Hijau

https://i2.wp.com/azzamaviero.com/wp-content/uploads/2017/03/serabi-hijau-khas-karawang.jpg?w=702

Soerabi biasanya terkenal sebagai makanan khas daerah Bandung atau Solo. Tetapi, di daerah Karawang terdapat oleh-oleh khas Karawang yang wajib untuk di bawa pulang yaitu soerabi hijau. Soerabi ini dijamin enak banget dan ngga bakalan rugi beli ini.

Soerabi ini berwarna hijau dikarenakan adanya campuran daun suji dan daun pandan pada adonannya sehingga warnanya hijau dan baunya wangi khas daun pandan.

Soerabi ini ada yang isi durian dan ada yang biasa saja. Tetapi dua-duanya rasanya tetap enak, manis, sedikit kenyal dan juga legit.

2. Opak Ketan Rawagede

Image result for Opak Ketan RawagedeOpak ketan rawagede bentuknya kecil-kecil tidak seperti opak seperti biasanya yang berada di daerah lain. Rasanya juga gurih dan renyah apalagi opak yang baru dibakar. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat opak adalah beras ketan, santan kelapa dan sedikit garam.

3. Kue Gonjing

kue gonjing khas karawang

Kue gonjing terbuat dari kelapa yang dicampur dengan tepung. Rasanya enak, biasanya ada yang menaburi atasnya dengan gula dan adapula yang menaburinya dengan saos. Biasanya, kue Gonjing terkenal dengan nama kue pancong di daerah lain. Rasanya nikmat dan empuk.

4. Brownies Duren 

Image result for Brownies Durian

Kalau brownies rasa duren atau isi duren pasti sudah sering kita merasakannya. Biasanya hanya diberi pasta duren untuk memberikan kesan brownies duren. Tetapi, berbeda dengan brownies duren yang hanya ada di Karawang ini.

Brownies duren ini, benar-benar dibuat dari durian asli sehingga rasanya pun sangat enak dan lembut. Wangi durennya pun berasal dari buah durian asli.