Wisata Ziarah di Kota Banjarmasin

0

Kota Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia dan termasuk kota terbesar serta penduduk terpadat di Pulau Kalimantan. Kota ini juga merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Kota Banjarmasin mendapat julukan sebagai kota Seribu Sungai. Benar saja, kota ini dibelah oleh banyak sekali sungai, seperti contohnya sungai Martapura, Barito, sungai Sipandai, sungai Keramat, sungai Sigaling, sungai Pangeran, sungai Jagabaya, dan masih banyak lagi yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Karena memiliki luas wilayah yang cukup besar serta dengan jumlah penduduk yang padat, kota Banjarmasin mulai dikenal masyarakat luas.

 

1. Masjid Sultan Suriansyah

Image result for Masjid Sultan Suriansyah

Masjid yang berada di Kelurahan Kuin Utara ini adalah masjid pertama di Kalimantan Selatan yang dibangun oleh raja Banjar pertama yang memeluk Islam: Sultan Suriansyah. Inilah tonggak penyebaran Islam di Kalimantan Selatan. Berbagai ukiran kuno masih bisa kita saksikan di masjid ini.

2. Makam Sultan Suriansyah

Image result for Makam Sultan Suriansyah

Sultan Suriansyah atau yang setelah masuk Islam berganti nama menjadi Sultan Suryanullah adalah raja Banjar pertama yang memeluk Islam. Masuknya beliau dalam agama Islam menjadi kunci pembuka penyebaran agama Islam di bumi Banjar. Beliau dimakamkan di daerah Kuin beserta dengan keluarga dan keturunannya. Di dalam komplek makam tersebut juga terdapat museum kecil tempat penyimpanan barang-barang peninggalan Kesultanan Banjar.

3. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Image result for Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Inilah masjid terbesar, termegah, serta terindah di Banjarmasin. Masjid yang berada tepat di jantung kota Banjarmasin ini setiap bagiannya memiliki nilai estetis dengan tingkat kecermatan yang tinggi. Ditambah dengan pepohonan rimbun di sekitarnya, maka berada di masjid ini kita bukan hanya terpukau akan keindahannya, namun juga mampu menyejukkan pikiran dan jiwa. Di halaman masjid ini, juga terdapat titik nol kilometer Kalimantan Selatan.

4. Makam Surgi Mufti K.H. Jamaluddin

Image result for Makam Surgi Mufti K.H. Jamaluddin

Makam dengan kubah yang beralamat di Jalan Masjid Jami, Kelurahan Surgi Mufti ini hampir setiap hari didatangi peziarah. Semasa hidupnya, K.H. Jamaluddin adalah seorang ulama besar yang diberi kewenangan memberi fatwa (Mufti). Saking besarnya kharisma beliau, namanya diabadikan sebagai nama kelurahan. Makam ini sendiri oleh pemerintah daerah ditetapkan sebagai benda cagar budaya. Di belakang makam, terdapat sebuah rumah banjar tua yang dulunya merupakan kediakam sang Surgi Mufti, dan terus didiami oleh anak cucu beliau. Di rumah tersebut terdapat barang-barang peninggalan Surgi Mufti sehingga tampak seperti museum mini.

5. Makam Al Allamah Datu Muhammad Amin

Image result for Makam Al Allamah Datu Muhammad Amin

Makam ini berlokasi di Kelurahan Benua Anyar. Berdasarkan sejarah, Al Allamah Datu Muhammad Amin adalah mufti pertama di Banjarmasin. Beliau berjuang dalam mendakwahkan agama Islam meski mendapat tekanan dari Belanda yang pada masa itu menjajah Banjarmasin. Meski tidak memiliki pesantren, murid-murid sang Al Allamah banyak yang menjadi ulama besar.

6. Makam Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim (Habib Basirih)

Image result for Makam Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim (Habib Basirih)

Habib Basirih, demikian Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim ini dikenal. Selama hidupnya, Habib Basirih dikenal sebagai seorang waliullah dengan berbagai karamah yang diberikan Allah, seperti mampu menghidupkan kambing, menyeberangi sungai hanya dengan tanggui (penutup kepala dari daun nipah, biasa digunakan petani, berdiameter sekitar 50 cm), menolong kapal yang hampir tenggelam dari tempat lain menggunakan gayung, dan banyak lagi. Makam beliau berlokasi di Kelurahan Basirih.

7. Makam Habib Abu Bakar Bin Salim Al Habsyi

Hanya kurang lebih seratus meter dari makam Habib Hamid Bahasyim, terdapat makam lain yang di bawahnya juga bersemayam jenazah orang yang mulia, yang juga mewarisi darah Sang Baginda Rasulullah SAW, yaitu Habib Abu Bakar Bin Salim Al Habsyi. Dari beliau, banyak lahir marga Al Habsyi lainnya yang menyebar di Kalimantan Selatan.

8. Makam Syekh Muhammad Arsyad Albanjari, Banjarmasin

Berburu Berkah di Makam Datuk Kalampayan Martapura: Ribuan Orang Datang Ziarah Setiap Hari

Ulama bermazhab Imam Syafi’i ini mengabdi sebagai mufti atau penasihat agama di Kerajaan Banjar, Kalimantan Selatan. Syekh Muhammad Arsyad Albanjari dikenal dengan julukan Datuk Kalampayan Martapura.

Almarhum merupakan seorang ulama yang sangat berpengaruh dalam sejarah pengembangan siar Islam, khususnya di Kalimantan. Datuk Kalampayan dikenal sangat gigih mempertahankan dan mengembangkan faham Ahlus Sunah Wal jama’ah dengan faham Asy’ariah untuk Ilmu Tauhid, serta Mazhab Imam syafi’i untuk bidang Ilmu fiqih.

Makam yang diberi tutup kelambu hijau ini selalu ramai dikunjungi warga, tak hanya dari Kalimantan Selatan. Para peziarah berkumpul sambil memanjatkan doa di satu ruangan tempat kuburan sang ulama berada.

 

9. Masjid Agung Al-Karomah

Image result for Masjid Agung Al-Karomah

adalah masjid besar yang terletak di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan dan merupakan masjid terbesar di Kalimantan Selatan. Masjid ini juga merupakan markah tanah dari Kota Martapura karena mudah diakses dari seluruh kota di Kalimantan Selatan karena terletak di Jl. Ahmad Yani yang merupakan jalan utama (jalan nasional) antar kota, terutama dari Kaltim (arah utara) hingga Kota Banjarmasin.

10. Makam Guru Sekumpul

Image result for Makam guru sekumpul

terletak didekat rumah beliau dibelakang mushalla tempat beliau mengajar.Dikenal dengan sebutan Abah Guru Sekumpul,karena tempat beliau berada di kelurahan Sekumpul sekitar 2 km dari pusat kota Martapura.Disamping makam beliau juga ada makam KH Seman Jalil,kemudian paman beliau Alimul fadhil KH Seman Mulia,dan maqam ibu beliau.

Makanan Khas Banjarmasin

1. Soto Banjar

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Mungkin yang paling terkenal dari semua makanan khas Kalimantan Selatan adalah Soto Banjar, bahkan banyak restoran dan warung makan di Indonesia yang mengunakan Soto Banjar sebagai salah satu menu spesialnya.

Soto Banjar ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan jenis Soto pada umumnya di Indonesia, perbedaannya mungkin hanya pada kuahnya yang lebih bening. Walaupun begitu ada juga Soto Banjar yang kuahnya agak keruh.

Keunikan Soto Banjar dibanding jenis Soto lain di Indonesia yaitu tidak mengunakan nasi melainkan pakai ketupat, dan katanya lebih nikmat lagi kalau disantap bersama Sate.

2. Ketupat Kandangan

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya yaitu Ketupat Kandangan. Makanan ini mungkin tidak asing bagi sebagian orang karena di Kalimantan Selatan dan sekitarnya, makanan ini sudah terkenal dimana-mana.

Berbeda dengan Soto Banjar, Ketupat Kandangan memiliki kuah yang keruh karena ditambahkan santan sebagai penambah citarasanya. Selain itu, terkadang ditambahkan ikan atau telur sebagai variasi lauknya.

Perbedaan Ketupat Kandangan dengan ketupat pada umumnya yaitu nasi ketupatnya agak lebih keras. Tapi, hal ini bukanlah mengurangi citarasanya, justru malah meningkatkan kenikmatan ketupat tersebut. Yang belum coba, wajib mencicipinya.

3. Patin Baubar

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Patin Baubar adalah pepes Ikan Patin yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah kemudian dimasak dengan cara dibakar ditungku dan bara api sampai rempah-rempah tersebut meresap ke Ikan Patin tersebut.

Dengan cara masak seperti inilah yang membuat Ikan Patin ini jadi lebih nikmat dan katanya, makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini sangat nikmat disajikan dengan nasi putih hangat saja.

Perlu diketahui juga, di perairan seperti sungai-sungai di Kalimantan Selatan sangat mudah mendapat Ikan Patin, bahkan sekarang ini banyak warga disana yang membudidayakan Ikan Patin dan warga di Kalimantan Selatan sering memasak Ikan Patin dengan cara dipepes atau dibakar.

4. Gangan Asam Banjar

Makanan Khas Kalimantan SelatanGangan Asam Banjar adalah salah satu sayur khas Kalimantan Selatan. Untuk membuat sayur ini harus mengunakan Ikan Haruan atau Ikan Gabus, atau bisa juga diganti dengan Ikan Patin yang banyak terdapat di sungai-sungai Kalimantan Selatan.

Sesuai dengan namanya, sayur berkuah warna kuning ini memiliki rasa sedikit asam, gurih, dan segar yang pasti mengugah selera untuk segera menyantapnya. Katanya, sayur ini lebih nikmat kalau disantap dengan nasi putih hangat.

 

5. Amparan Tatak

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Satu lagi kue khas Kalimantan Selatan yang menarik diketahui yaitu Amparan tatak. Kue ini sudah tidak asing lagi di sana dan rasanya manis. Sedangkan cara pembuatannya pun sederhana saja dan tidak sulit.

Bahan yang diperlukan adalah tepung beras dan santan, sedangkan bahan isian dari makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini adalah pisang atau terkadang bisa juga diisi dengan Nangka dan ditambah daun Pandan agar lebih nikmat.

6. Iwak Pakasam (Iwak Basamu)

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Pembuatan Iwak Pakasam atau kadang juga disebut Iwak Basamu ini hampir sama dengan Manday, perbedaannya hanya bahan dasarnya yaitu ikan seperti Ikan Haruan (Ikan Gabus), Ikan Pepuyu, Ikan Mangki, dan Ikan Sepat.

Proses pembuatannya yaitu ikan yang sudah dibersihkan akan diberikan garam seperti Manday dan diberi juga samu yaitu beras yang sudah ditumbuk tapi masih berbentuk. Kemudian ikan tersebut didiamkan beberapa waktu.

Lamanya pengawetannya tergantung selera masing-masing, ada yang berbulan-bulan saja, tapi ada juga yang bertahun-tahun. Katanya, semakin lama maka akan semakin asin dan enak rasanya. Ikan ini biasa dimasak dengan bawang goreng.

7. Kelepon Martapura

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya yaitu Kelepon Martapura. Makanan ini dikenal sebagai jajanan pasar dan terkenal dengan semboyannya “Pacah di ilat” yang kalau dalam bahasa Indonesia artinya pecah di lidah.

Ini adalah salah satu makanan khas yang paling enak dimakan pada sore hari sambil bersantai dan makanan ini banyak ditemukan di kota Martapura yaitu ibukota salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan.

8. Gangan Humbut

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Makanan khas Kalimantan Selatan yang terakhir yaitu Gangan Humbut. Makanan ini memiliki rasa yang sedikit manis tapi justru rasa manis itulah yang mampu mengugah selera dan biasanya disantap dengan sepiring nasi hangat.

Humbut sendiri berasal dari bagian inti pohon kelapa (nyiur) yang kemudian diolah menjadi sayur dan biasanya makanan khas ini disajikan sebagai menu wajib di acara hajatan seperti perkawinan dan sebagainya.

 

Oleh-oleh :

4. Manday

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Selanjutnya adalah Manday. Makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini terbuat dari kulit cempedak atau kalau orang Kalimantan Selatan menyebutnya tiwadak yang diawetkan dalam waktu yang cukup lama.

Proses pengawetannya pun cukup sederhana yaitu dicampur dengan garam, kemudian didiamkan dalam tempat yang tertutup rapat. Sedangkan lama pengawetan tergantung selera masing-masing, makin lama semakin asam rasanya dan semakin enak.

Manday umumnya dimasak dengan cara di goreng, walaupun ada juga yang memasaknya dengan cara digulai dan dibakar. Dengan ditambah beberapa rempah-rempah maka rasa asam dari kulit cempedak pasti enak rasanya.

1. Rabuk Ikan Haruan

Kuliner Banjarmasin

Kalau kalian ke Banjarmasin, jangan lupa untuk membeli makanan khas Banjarmasin untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yah. Salah satu kuliner Banjarmasin yang sangat khas adalah rabuk ikan haruan atau yang dikenal sebagai abon ikan haruan.

Kota ini banyak sekali memiliki sungai, dan salah satu yang menjadi khas kota ini adalah ikan haruannya. Kalau masalah rasa enggak usah ditanya yah. Abon ikan haruan sangat lezat dan gurih sekali. Dijamin ketagihan deh hehe ?

Kamu bisa mendapatkan rabuk ikan haruan di toko-toko yang menjual oleh oleh khas Banjarmasin. Selain praktis, harga rabuk ikan haruan juga sangat bersahabat dengan kantong kamu.

 

2. Amplang Ikan Pipih

Cemilan Khas Banjarmasin

 

Amplang merupakan sejenis kerupuk yang bahan dasarnya adalah ikan. Amplang jugadikenal dengan nama “kuku macan”. Mungkin kalau amplang yang berasal dari ikan tenggiri kita sudah pernah mencoba.

Akan tetapi, bagaimana dengan amplang yang berasal dari ikan pipih ? Apakah kalian pernah mencobanya ? Amplang yang terbuat dari ikan pipih dapat kita temukan di Kota Banjarmasin dan wilayah lainnya yang berada di Kalimantan Selatan.

Ikan pipih di olah dengan tepung dan rempah-rempah khusus sehingga menjadi kerupuk ikan yang sangat gurih dan lezat. Karena ikan pipih merupakan spesies ikan yang semakin langka.

Maka pada umumnya hanya bisa dijumpai di daerah Kalimantan saja. Jika kalian berkunjung ke kota Banjarmasin jangan lupa untuk membeli amplang ikan pipih ini untuk dijadikan oleh-oleh atau bahkan dijadikan teman dalam perjalanan kamu.

3. Wadai Rangai

Makanan Khas Banjarmasin

 

Wadai rangai merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin. Wadai rangai terbuat dari bahan sagu yang memiliki rasa yang gurih dan manis.

Jika pada zaman dahulu kue ini disajikan pada saat acara adat ataupun acara formal, wadai rangai bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh oleh untuk keluarga ataupun teman kamu di rumah.

Seperti yang sudah di singgung diatas, kue ini terbuat dari tepung sagu dan kelapa. Bentuk kue ini terlihat biasa saja dan tidak menarik. Akan tetapi, sekali kamu mencoba kue ini, pasti kamu akan ketagihan.

Wadai rangai adalah kudapan yang sangat cocok untuk suguhan saat minum teh atau pada saat bersantai. Kamu bisa mendapatkan kue ini di pusat oleh oleh khas Banjarmasin.

4. Batik Sasirangan

Batik Khas Banjarmasin

Bagi kalian pecinta batik, jangan lupa untuk mampir ke kota Banjarmasin. Karena di kota ini terdapat jenis batik yang sangat terkenal, yaitu batik sasirangan.

Sasirangan merupakan batik yang dihasilkan oleh masyarakat Kalimantan Selatan khususnya di daerah Banjarmasin ini. Kain ini mempunyai berbagai motif yang sangat elegan diantaranya adalah sinapur karang (motif ombak yang menerjang batu karang), turun dayang (motif garis-garis), gigi haruan (gigi ikan gabus), naga balimbur (motif ular naga), dara manginang (motif remaja yang makan daun sirih), dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Panting

Oleh Oleh Khas Banjarmasin

 

Panting merupakan alat musik khas Kalimantan Selatan. Panting mempunyai tampilan yang mirip dengan gambus Arab. Akan tetapi ukuran panting agak sedikit lebih kecil.

Alat musik yang mempunyai 3 dawai ini dimainkan dengan cara dipetik. Tidak semua orang dapat memainkan alat musik ini. Akan tetapi, kamu bisa membeli panting untuk oleh oleh yang bisa digunakan sebagai pajangan atau hiasan rumah.

 

6. Miniatur Rumah Adat

Souvenir Khas Banjarmasin

 

Banjarmasin memiliki puluhan suku yang masih melestarikan adat istiadat dan budaya mereka. Miniatur rumah adat merupakan salah satu referensi untuk dijadikan oleh oleh.

Jenis rumah adat suku banjar antara lain rumah joglo gudang, cacak burung, tadah alas, balai kaki, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Miniatur rumah adat ini biasanya dibuat dengan menggunakan kayu agatis. Sekedar informasi bahwa kayu agatis merupakan kayu yang biasa digunakan untuk membuat rumah adat Banjarmasin.

Miniatur rumah adat ini dapat dijadikan sebagai koleksi atau hiasan rumah kamu. Atau bisa pula dijadikan sebuah hadiah untuk sahabat atau teman kamu dirumah.

7. Ikan Seluang

Kue Khas Banjarmasin

 

Masyarakat Jawa mengenal ikan seluang dengan nama ikan wader. Di beberapa toko oleh-oleh di Banjarmasin, ikan seluang dijual sebagai cemilan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan teman makan dalam perjalanan.

Ikan seluang ini paling cocok diolah dengan cara digoreng. Sebelum di goreng, ikan akan dibalut dengan tepung terlebih dahulu agar rasanya lebih gurih. Kumudian ikan ini dikemas dengan higienis agar rasanya tetap renyah dan gurih.

Ikan seluang goreng tepung ini merupakan makanan khas Banjarmasin yang biasa dinikmati sebagai cemilan atau bisa pula disantap dengan nasi putih.

Jika kamu ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mencoba ikan seluang goreng tepung ini, karena rasanya dijamin enak deh.

8. Dodol Kandangan

Masakan Khas Banjarmasin

Tidak hanya Garut yang mempunyai dodol dengan rasa yang sangat khas. Banjarmasin juga mempunyai cemilan yang serupa bernama Dodol Kandangan. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan gula aren.

Dodol Kandangan merupakan salah satu oleh-oleh yang selalu diburu oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Dodol durian adalah salah satu varian rasa dari dodol kandangan yang selalu paling banyak peminatnya. Rasa durian yang legit dan manis akan lebih terasa ketika berada di dalam mulut.

Penasaran dengan rasa Dodol Kandangan ini ? Silahkan berkunjung ke Kalimantan Selatan. Dijamin ketagihan deh…

9. Kaos Banjarmasin

Oleh Oleh Kalimantan Selatan

 

Di Banjarmasin ada sebuah brand clothing yang terkenal dengan kaos khas Banjarmasinnya yaitu Hy-Munk. Disini kamu bisa mendapatkan kaos dengan berbagai gambar yang bertemakan kota Banjarmasin.

Gambar dan tulisan yang ada di design kaos ini dibuat dengan sangat kreatif dan bersifat lucu. Lagi pula kaos merupakan oleh-oleh yang sangat universal atau umum dan bersifat lebih tahan lama. Brand tersebut menyediakan berbagai macam jenis kaos, salah satunya adalah kaos polos depan belakang. Jika kamu ingin lebih terlihat keren, ada banyak design yang berkaitan dengan kota Banjarmasin. Kamu tinggal pilih saja yang kamu suka

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu membeli beberapa kaos khas Banjarmasin untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta atau bahkan teman-teman kamu.

10. Batu Mulia

Oleh Oleh Khas Kalimantan

 

Jika kamu ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mampir ke Kota Martapura. Kota ini dekat sekali dengan kota Banjarmasin. Di Martapura terdapat pusat penjualan batu mulia.

Pantas saja kota ini dikenal sebagai Kota Intan. Kota ini merupakan surga bagi para pecinta batu akik. Pasalnya, di kota ini kamu bisa mendapatkan aneka ragam bebatuan yang dijual dengan harga puluhan ribu sampai dengan harga yang milyaran rupiah. Kamu bisa menjadikan batu mulia sebagai oleh oleh atau dijadikan sebagai koleksi kamu dirumah.

Itulah beberapa referensi oleh oleh khas Banjarmasin, mulai dari makanan khas Banjarmasin, kue khas Banjarmasin, dan Souvenir khas Banjarmasin. Jika ada oleh oleh khas Banjarmasin lainnya yang belum di explore, silahkan isi kolom komentar diabawah ini.