Wisata Ziarah Syaikhuna Kholil Madura

0

Makam-makam keramat yang terdapat di Pulau Madura tersebut umumnya adalah makam para ulama dan kyai yang berperan menyebarkan agama Islam. Makam para kyai atau wali dalam Bahasa Madura juga sering disebut dengan Buju’, sedangkan kompleks makam disebut “pasarean”. Ada juga makam para raja yang sempat memerintah di Kerajaan Madura. Berikut delapan makam yang banyak dikunjungi saat mudik di Madura:

1. Makam Syaikhona Kholil.

adalah ulama kharismatik dan merupakan guru dari para kiai besar di Jawa Timur, juga guru dari pendiri ormas Nadhatul Ulama (NU) KH Hasyim Ashari.

Dari berbagai sumber dijelaskan, awalnya di areal kompleks masjid, hanya ada makam Kiai Kholil yang meninggal dunia pada tahun 1925. Karena banyaknya orang yang berziarah ke makam tersebut, akhirnya dibangun satu masjid, agar peziarah tetap bisa melakukan ibadah sholat, dan pada tahun 2006, Masjid Syaikhona Kholil ini direnovasi untuk menampung ribuan jamaah.

Image result for Ziarah makam Syaikhona Muhammad cholil dan masjid

2. Batu Ampar

Pasarean yang terletak di Desa Proppo Barat, Pamekasan ini dimakamkan seorang ulama yang bernama Syaikh Abdul Manan.

3. Asta Tinggi.

Ini merupakan kawasan pemakaman khusus para raja dan keluarganya yang terletak di dataran tinggi bukit Kebon Agung Sumenep. Penataan makam dan pintu gerbangnya artistik dan indah.
4. Aeng Matah Ebuh (Air Mata Ibu).

Ini juga merupakan kompleks makam para pembesar kerajaan yang terletak di Bangkalan.

5. Syekh Yusuf Talango.

Guna mencapai makam ini, pengunjung harus menyeberang sekitar 15 menit dari pelabuhan Kalianget yang terletak di ujung Timur Madura.

6. Sunan Cendana.

Makam ini memang tidak seterkenal Makam Mbah Kholil dan juga Batu Ampar, namun bagi masyarakat Bangkalan, khususnya Kecamatan Kwanyar, Makan Sunan Cendana selalu mereka kunjungi saat mudik.

7. Masjid Agung Sumenep.

Letaknya di jantung Kota Sumenep. Masjid ini memiliki arsitektur bernuansa Tiongkok.

8. Keraton Sumenep.

Keraton yang terletak tidak jauh dari Masjid Agung ini banyak menyimpan banyak hal bersejarah tentang kejayaan Kerajaan Sumenep di masa silam.

 

Makanan Khas Madura

1. Sate Madura

Foto: http://resepcaramemasak.info/wp-content/uploads/2014/02/Sate-Ayam-Khas-Madura.jpg

Dari beberapa kuliner khas Madura, sate mungkin adalah yang paling terkenal. Wajar karna kuliner ini cukup mudah di dapatkan di beberapa daerah di Indonesia. Sate Madura merupakan jenis sate yang menggunakan bahan dasar daging ayam. Yang menjadi ciri khas sate ini adalah bumbu sambal kacangnya. Untuk menambah rasa, bumbu kacang biasanya disiram dengan kecap serta diberi irisan cabe dan bawang merah mentah. Sate madura umumnya disajikan dengan lontong

2. Soto Madura

Foto: https://citarasasurabaya.files.wordpress.com/2010/06/soto-daging-cak-wawan-13000.jpg

Soto Madura juga merupakan kuliner khas Madura yang cukup terkenal. Sebagaimana soto pada umumnya, Soto Madura terlihat begitu menggoda dengan kuahnya. Ada beberapa detail yang membuat Soto Madura terlihat berbeda dengan soto-soto lain. Dalam penyajiannya, Soto Madura umumnya dilengkapi dengan irisan telur rebus. Adapun dading yang digunakan pada Soto Madura adalah daging sapi. Kuah Soto Madura ini sekilas mirip Soto Lamongan

 

3. Bebek Songkem

Foto: http://hellosurabaya.com/wp-content/uploads/2015/11/IMG_0553.jpg

Penggemar daging bebek tak boleh melewatkan kuliner yang satu ini ketika berkunjung ke Madura. Bebek Songkem merupakan kuliner khas yang berasal dari Kabupaten Sampang, Pulau Madura. Cara pengolahan Bebek Songkem ini konon menggunakan metode khusus yang membuatnya lebih rendah kolesterol. Mengenai namanya, Bebek Songkem ternyata memiliki filosofi khusus. Kata Songkem berasal dari Songkeman (sungkem). Hampir setiap desa di Madura konon memiliki minimal seorang kyai yang dengan suka rela mengajari anak-anak mengaji. Untuk memberi rasa hormat kepada kyai, orang tua di Madura sering mengunjunginya dengan membawa buah tangan berupa masakan daging bebek

4. Lorjuk

Foto: http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/ria-galeria-surabaya-lorjuk_20150609_145345.jpg

Lorjuk merupakan jenis kerang yang banyak terdapat di kawasan pesisir Madura. Kerang ini memiliki bentuk yang berbeda dengan kerang-kerang pada umumnya karna bentuknya memanjang. Masyarakat Madura sering memanfaatkan Lorjuk sebagai bahan makanan. Di Madura, Lorjuk sering diolah sebagai lauk nasi serta keripik untuk cemilan

5. Otok

Foto: https://kratonmadura.files.wordpress.com/2011/10/otok-asam-manis.jpg

Jika kamu ingin mencari oleh-oleh khas Madura untuk dibawa pulang, Otok bisa menjadi salah satu pilihan. Otok merupakan jenis camilan yang terbuat dari biji kacang panjang yang bentuknya mirip kacang kedelai. Biji kacang panjang tersebut diolah menggunakan bumbu tertentu. Ada yang terasa gurih, pedas atau asin. Tergantung selera

 

6. Topak Ladeh

topak ladeh

Topak Ladeh merupakan makanan berkuah khas Madura yang mirip opor. Makanan ini menjadi makanan wajib ketika momen lebaran. Topak Ladeh berisi irisan daging, telur, jeroan sapi serta beberapa bahan lain. Kuliner ini biasanya disajikan dengan ketupat

 

7. Tajin Sobih

Foto: http://masakgembira.blogspot.co.id/2015/03/tajin-sobih-tajin-sobih-ini-merupakan.html

Saat melihat tampilan makanan ini, kamu pasti akan langsung teringat dengan bubur. Tampilan makanan ini memang mirip bubur. Namun, masyarakat Madura menyebutnya dengan Tajin Sobah karna makanan ini berasal dari Desa Sobih,  Bangkalan. Kuliner ini terbuat dari tepung ketan dan tepung terigu yang disiram dengan cairan yang terbuat dari gula merah. Biasanya, Tajin Sobih disajikan dengan daun pisang. Kuliner ini biasanya dijual oleh ibu-ibu dengan menggendong sebuah bakul

 

8. Nasi Serpang

Foto: http://www.aremafood.com/kuliner/wp-content/uploads/2013/11/20131120_0755152.jpg

Nasi Serpang adalah nasi nasi campur versi Bangkalan. Bahan-bahan yang disajikan dalam Nasi Serpang sudah sering kita temui di tempat lain, seperti irisan daging, telur rebus, bihun serta tumis buncis. Cukup sulit untuk menemukan nasi ini. Biasanya hanya terdapat di Bangkalan

 

9. Kaldu Kokot

Foto: http://www.an.tv/files_keren/news/image/180/kokot1200.jpg

Kebayang bagaimana rasanya makan kacang ijo dicamput irisan kikil? Kalau penasaran, kamu bisa mencoba Kaldu Kokot ketika sedang berada di Madura. Kaldu Kokot cukup mudah ditemukan di Madura. Banyak warung yang menjajakan kuliner “aneh” ini. Meski cara memasak kuliner ini berbeda dengan bubur kacang ijo, namun kuliner ini lebih mirip dengan bubur kacang ijo yang dicampur dengan kikil sapi. Nggak kebayang, kan rasanya akan seperti apa?

 

10. Nasi Jagung

Foto: http://www.duniasisil.com/2015/11/nasi-jagung.html

Last but not least. Kuliner lain yang wajib dicoba ketika jalan-jalan ke Madura adalah nasi jagung. Nasi jagung sendiri sebenarnya banyak ditemui di daerah-daerah lain di Indonesia. Namun, nasi jagung Madura punya ciri khas tersendiri. Nasinya tidak murni dari tepung jagung saja namun juga dicampur dengan beras. Berbagai lauk seperti gudangan, peyek hingga pepes biasa disajikan untuk menemani nasi jagung. Rasanya sudah pasti enak.

1. Petis Madura

Petis madura bentuknya tidak hitam seperti petis jawa tapi warnanya cokelat. Baunya juga cenderung bau ikan tidak seperti petis jawa yang bau menyengat. Rasa petis madura kalau menurutku sih seperti souyu [kecap asin jepang] yang mengental. Ya rasanya gurih, asin, enaklah. Petis dipakai ketika membuat rujak madura, bisa juga dimakan sama nasi aja pengganti sambal tntu saja pakai cabe kecil makannya. Ada juga kebiasaan aneh orang madura yaitu makan nasi berlaukkan semangka sambal petis. Rasanya ya seger-seger asin gurih gitu. Hehe. Coba saja kalian beli untuk oleh-oleh keluarga.

2. Rengginang

Rengginang madura juga terkenal karena rasanya yang khas dan gurih. Mungkin yang paling digemari namanya rengginang tenggiri. Di rengginangnya itu ada ikan kecil-kecil yang nempel. Yah lumayan enak buat camilan di rumah sambil melihat tv atau bermain laptop. Cocok untuk oleh-oleh keluarga di rumah.
Oleh-Oleh Khas dan Souvenir Sumenep Madura Yang Wajib Kamu Beli

3. Terasi

Terasi asal madura ini sangat digemari sama masyarakat luar. Coba aja deh kalian membuat sambal terasi memakai terasi ini. Pasti akan terlihat perbedaannya dari terasi lainnya. Liat review orang-orang yang sudah membuat sambal memakai terasi madura ini DISINI. Dijamin deh keluarga masakan sambil akan lebih enak dan disukai keluarga.

 

Oleh-Oleh Khas dan Souvenir Sumenep Madura Yang Wajib Kamu Beli

4. Keripik Singkong

Keripik singkong juga jangan ketinggalan. Cemilan keripik ini ada yang rasa asin dan pedas. Cocok untuk dimakan ketika perjalanan pulang atau hanya sekedar oleh-oleh.
Oleh-Oleh Khas dan Souvenir Sumenep Madura Yang Wajib Kamu Beli

5. Batik Sumenep

Batik Sumenep mempunyai corak yang khas, warna yang beraneka ragam, dan juga indah. Kalian dapat membelinya di toko-toko batik yang ada di madura mulai harga 200 ribu rupiah tergantung merek, bahan, dan design yang dipilih. Cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

 

Oleh-Oleh Khas dan Souvenir Sumenep Madura Yang Wajib Kamu Beli

6. Siwalan atau Ta’al

Di sepanjang pesisir pantai madura biasanya kalian akan melihat penjual siwalan. Pernah denger khan siwalan? Yang airnya banyak dijual dan dinamai air legen. Rasanya manis seger, airnya juga enak. Kolang kaling aja kalah. Harganya kalau gak salah seribu dapat sebungkus atau 5 biji. Kayak ini nih.

 

Oleh-Oleh Khas dan Souvenir Sumenep Madura Yang Wajib Kamu Beli

7. Macho

Namanya lucu ya. hehe. Ini bukan nama cowok seksi atau macho tapi ini adalah nama kue khas madura. Macho ini rasanya manis dan banyak disukai anak anak. Bahan pembuatnya adala beras ketan dan gula merah.
Oleh-Oleh Khas dan Souvenir Sumenep Madura Yang Wajib Kamu Beli