Wisata Ziarah Sunan Ampel Surabaya

0

salah satu wisata religi di Jawa Timur yang terkenal adalah Wisata Religi Makam Sunan Ampel yang berada di kawasan kota Surabaya. Makam Sunan Ampel ini berada di daerah belakang kawasan masjid Ampel tepatnya di Jalan KH Mas Mansyur Kelurahan Ampel , Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Untuk menuju ke kawasan wisata religi Sunan Ampel bisa dengan mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, hal ini dikarenakan kawasan wisata religi makam Sunan Ampel ini berada ditengah – tengah kota Surabaya.

Masjid yang terkenal masjid terbesar kedua di kota Surabaya ini selalu ramai oleh peziarah. Sehingga kawasan wisata religi Sunan Ampel ini setiap harinya banyak didatangi oleh peziarah, dari berbagai daerah. Hal ini terutama pada hari jumat legi dan atau pada saat menjelang dan selama bulan puasa, maka peziarah akan bertambah banyak dari hari biasanya.

Makam Sunan Ampel yang memiliki nama asli Raden Mohammad Ali Rahmatullah, berada tepat disebelah Barat Masjid Ampel. Beliau adalah seseorang yang terkenal memiliki figur yang bijak, alim, berwibawa dan juga banyak memperoleh banyak simpati dari masyarakat. Para pengunjung harus melewati sembilan gapura terlebih dahulu agar bisa menuju ke area makam Sunan Ampel, kesembilan gapura ini sama seperti arah mata angin yang berjumlah sembilan, hal ini juga berarti melambangkan sembilan wali atau yang biasa masyarakat kenal dengan sebutan wali songo.

https://2.bp.blogspot.com/-TtKQwrmaut0/V-xwkJYWhpI/AAAAAAAAEVM/Obn_EKp2TSMjiN7O_fRzZ3vbg5i7dMtAQCLcB/s1600/makam%2Bsunan%2Bampel.jpg

Makam Sunan Ampel

 

Image result for masjid sunan ampel surabaya

Masjid Agung Sunan Ampel

Image result for pasar Wisata Ziarah Sunan Ampel

Wisata Belanja di Kawasan Sunan Ampel

Kuliner sekitar Surabaya :

Rujak Cingur

Image result for Rujak Cingur

Rujak Cingur memang terbilang kuliner yang unik karena isiannya terdiri dari aneka sayur, buah-buahan, dan lontong yang disiram bumbu kacang dan petis. Keunikannya karena kuliner khas Surabaya ini juga menggunakan cingur alias hidung kerbau sebagai bahan utama.

Tahu Tek

Image result for Tahu Tek

Tahu tek adalah salah satu masakan khas kota Surabaya. Tahu tek terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang tahu atau lontong, kentang goreng, sedikit taoge, dan irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar), lalu setelah disiram dengan bumbu di atasnya, ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil dengan diameter sekitar 3 cm.

Potongan tahu dan lontong kemudian disiram dengan bumbu yang terbuat dari petis, air matang secukupnya, kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Bumbu diulek, yaitu ditumbuk sambil diaduk dengan ulekan dalam cobek cekung besar terbuat dari batu (bentuknya seperti mangkuk besar), sampai bumbu ini harus sangat kental. Petis yang digunakan dianjurkan petis dari Sidoarjo, karena terasa lebih enak dan asli sesuai dari daerah asalnya (Surabaya berbatasan langsung dengan Sidoarjo).

Dinamakan tahu tek karena gunting yang digunakan untuk memotong bahan masakan (tahu, lontong, kentang, dan telur) dibunyikan terus seakan memotong, walaupun bahan makanan telah habis dipotong, sehingga seperti berbunyi tek..tek..tek.

Rawon Setan

 

Image result for Rawon Setan

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur, semacam soto tapi berkuah hitam pekat. Warna hitam ini berasal dari bumbu yang bernama kluwak. Rawon biasanya menggunakan bahan daging sapi yang telah dipotong-potong dadu, dan seringkali ditambahkan campuran jeroan atau kikil sapi.

Di Surabaya sendiri, kuliner rawon sudah jadi buruan para wisatawan. Salah satu yang paling terkenal adalah Rawon Setan karena potongan daging sapinya berukuran besar dan teksturnya empuk ketika digigit.

Pecel Semanggi

Image result for Pecel Semanggi

Semanggi adalah jenis tanaman yang daunnya bisa dimakan. Sama halnya seperti kangkung, bayam, daun pepaya, dan dedaunan lain yang biasa dimasak sayur. Semanggi di Surabaya dan beberapa daerah di Jawa Timur lainnya biasanya diolah menjadi pecel.

 

Lontong kupang

Lontong kupang atau kupang lontong adalah nama makanan khas daerah Jawa Timur. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan di daerah pesisir timur Jawa Timur.

Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih, yaitu hewan laut semacam kerang bentuknya kecil sebesar antara biji beras dan biji kedelai. Kupang yang telah dikupas dan dimasak, ditambahkan lontong dan lentho, kemudian diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis. Untuk menghidangkan biasanya dipadukan dengan sate kerang, serta minuman air kelapa muda atau degan.

Image result for lontong kupang

Es Krim Zangrandi yang menyegarkan.

Es krim Zangrandi
Es krim, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi es krim Zangrandi yang sudah melegenda di Surabaya. Gak cuma cita rasa es krimnya yang mewah, tempatnya pun juga nyaman buat nongkrong. Outlet es krim Zangrandi ini berada di Jalan Yos Sudarso dan sudah berdiri sejak 1933. Sampai sekarang tempat ini juga masih mempertahankan suasana restoran yang klasik dan otentik.

 

Oleh-oleh :

  1. Kue Bikang Peneleh

Screenshot 2015-03-09 09.03.31

Kalau tanya sama orang Surabaya, mereka pasti merekomendasikan oleh-oleh ini sebagai buah tangan saat liburan ke Surabaya. Bukan apa-apa sih, selain rasanya membuat lidah bergoyang dengan girang, aroma dan bentuknya yang berwarna-warni pun sangat menarik. Bahkan, kamu bisa melihat pembuatannya secara langsung dengan meluncur ke Jalan Peneleh 32 – 34 Surabaya untuk memborongnya.

 

  1. Kerupuk Kenjeran

Screenshot 2015-03-09 09.09.44Buat penikmat kerupuk yang rasanya kriuk-kriuk renyah, kamu wajib datang ke lokasi wisata Pantai Kenjeran. Disini ada banyak pedagang kerupuk terung dan teripang yang dijual dalam bentuk kemasan. Selain praktis, rasanya pun tidak mengecewakan.

 

  1. Almond Crispy Cheese

Screenshot 2015-03-09 09.13.26

Ini dia camilan khas Surabaya yang sudah melegenda. Terletak di Jalan Raya Jemursari no 164 Surabaya, kamu bisa memilih 3 rasa, yaitu green tea, cokelat, dan original.

 

  1. Sambal Bu Rudi

foto: sambal.co.id

 

sambal + udang Bu Rudi wajib masuk dalam daftar yang harus kamu beli. Berlokasi di Jalan Dharmahusada no 140, Surabaya, tempat ini selalu ramai dipenuhi pengunjung dari berbagai kota yang ingin membuktikan kelezatan sambal yang fresh dan mantap rasanya. Kamu bisa pilih varian sambal terasi, sambal ijo, sambal bajak, sambal ikan peda, sambal bawang dan lainnya. Dijamin rasanya pedas dan membuat ketagihan.

 

  1. Lapis Surabaya atau Spikoe
Screenshot 2015-03-09 09.17.28

Karena rasanya tidak pernah mengecewakan, ini membuat banyak orang yang ingin tahu resep cara membuat lapis Surabaya atau sering disebut sebagai Spikoe Resep Kuno. Ada beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih seperti black forest, kenari, kismis, mocca, pandan, dan original. Untuk bisa mendapatkannya, langsung saja pergi ke Jalan Rungkut Mapan Barat 4, No BD-25, Surabaya.

 

  1. Abon Daging Sapi Padmosusastro

Screenshot 2015-03-09 09.19.32

Abon daging sapi ini bisa dijadikan camilan ataupun lauk. Aromanya sangat menggugah selera dan rasanya pun begitu gurih. Terbuat dari serat daging sapi yang begitu halus membuat banyak orang memborongnya untuk oleh-oleh. Menariknya lagi, kamu bisa melihat proses membuatnya. Kan jadi punya inspirasi untuk mencobanya di rumah, ‘kan? Segera saja meluncur ke Jalan Padmosusastro karena disana kamu bisa mendapatkannya dengan mudah.

 

  1. Siropen Telasih

Screenshot 2015-03-09 09.22.13

Kalau pengin oleh-oleh yang bisa bikin tenggorokan merasa seger, kamu bisa membeli siropen siroop. Ada rasa leci, jeruk kepruk cocopandan dan beberapa varian lain. Sirup ini terbuat dari gula asli tanpa pemanis buatan sehingga aman dikonsumsi. Didirikan tahun 1923, produk yang dibuat pun selalu membuat penikmatnya ingin mencicipinya lagi dan lagi. Tertarik? Yuk langsung ke TKP di Jalan Mliwis no 5.