Wisata Ziarah Sunan Drajat, Lamongan

0

Sunan Drajat diperkirakan lahir pada tahun 1470, dengan nama kecil Raden Qasim, lalu mendapat gelar Raden Syarifudin. Dia adalah putra dari Sunan Ampel, yang juga saudara dari Sunan Bonang.

Setelah menguasai pelajaran Islam beliau menyebarkan agama Islam di desa Drajat sebagai tanah perdikan di kecamatan Paciran, yang merupakan tanah pemberian kerajaan Demak. Sebagai penghargaan atas keberha-silannya menyebarkan agama Islam dan usahanya menanggulangi kemiskinan dengan menciptakan kehidupan yang makmur bagi warganya, beliau memperoleh gelar Sunan Mayang Madu dari Raden Patah Sultan Demak pada tahun saka 1442 atau 1520 Masehi

Makam Sunan Drajat bisa ditempuh dari Surabaya maupun Tuban lewat Jalan Daendels (Anyar-Panarukan), 30 menit bila melalui Lamongan.

Makam Sunan Drajat berada di Desa Drajat, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dan menjadi salah satu tujuan kegiatan Wisata religi.

Selain itu, untuk menghormati jasa – jasa Sunan Drajat sebagai seorang Wali penyebar agama Islam di wilayah Lamongan dan untuk melestarikan budaya serta benda-¬benda bersejarah peninggalannya, keluarga dan para sahabatnya yang berjasa pada penyiaran agama Islam, Pemerintah Kabupaten Lamongan mendirikan Musium Daerah Sunan Drajat disebelah timur Makam. Musium ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur tanggal 1 Maret 1992.

Makam Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat

Air minum dari Sumur Peninggalan Sunan Drajad

Pusat Penjualan Souvenir

Kuliner Lamongan

Kuliner Lamongan yang enak yang wajib di coba ketika berada di Lamongan :

1. Soto Lamongan

 

Image result for Soto Lamongan

Soto Lamongan merupakan kuliner khas lamongan yang sudah sangat terkenal di seluruh indonesia, sebagai salah satu referensi soto lamongan yang sangat terkenal yaitu Soto Lamongan di Depot Asih Jaya,  kuahnya berwarna kuning agak berminyak, aroma rempah-rempah dan kaldu ayamnya sangat menggugah selera, lokasinya ada di Jl. Panglima Sudirman A.4 (Pertokoan Lamongan Indah), Lamongan,

 

2. Nasi Boranan

Image result for Nasi boranan lamongan

Nasi ini juga merupakan salah satu  kuliner khas lamongan yang wajib di coba. Kata boranan berasal dari sebutan tempat menyimpan nasi  “boran” , makanya disebut nasi boranan. Nasi Boranan disajikan dengan wadah yang dilapisi daun pisang dan di beri urap atau krawu dari daun pepaya, kacang panjang, taoge, rempeyek dan empuk (empuk merupakan campuran tepung beras, gaplek, dan terigu adonan ini dibentuk bulatan kecil dan digoreng, rasanya gurih karena dicampur bawang) . Untuk lebih nikmat lagi  dapat ditambahkan lauknya diantaranya ada tahu dan tempe goreng, ikan bandeng, udang, dadar, hingga ayam goreng.  Lokasinya ada di depan RSU Muhamadiyah di jalan KH. Ahmad Dahlan, Lamongan

 

3. Tahu Campur Lamongan

Image result for Tahu Campur Lamongan

Tahu campur bisa dikatakan juga salah satu ikon kuliner kota Lamongan sehingga ada sebutan Kota Tahu Campur. Tahu campur terdiri dari Lontong, selada air, tauge, daging, mie/bihun dan kerupuk udang. Bahan tambahan yang membuat makanan ini lebih dahsyat berasal dari petis udang sebagai bumbunya dan jangan lupa Lento. Lento adalah seperti sepotong gorengan yang terbuat dari singkong.

 

4. Wingko Babat

Image result for wingko babat lamongan

Satu lagi makanan tradisional khas lamongan yang menjadi ciri khas kota Lamongan adalah wingko. Lamongan yang berbatasan dengan kota babat yang memang terkenal sebagai pusatnya wingko, sehingga jajanan ini lebih dikenal dengan sebutan wingko babat. Wingko sendiri adalah camilan atau kue yang terbuat dari  ketan dan kelapa dengan rasa manis. Bentuknya bulat dan  berwarna cokelat.

Ada 3 jenis wingko yang bisa dicoba, wingko kelapa, wingko rasa nangka dan wingko cokelat namun wingko kelapa yang menjadi favoritnya.
Wingko ini tersedia dalam 2 bentuk, besar dan kecil. Wingko kemasan besar berdiameter 15 centimeter masih dikemas dengan kertas roti. Kemasan ini tidak pernah berubah dari dulu hingga sekarang.

5. Bandeng Colo

Image result for bandeng colo lamongan

Satu lagi info kuliner yang juga merupakan makanan khas lamongan yaitu bandeng colo . Bandeng colo ini sangat terkenal karena rasanyanya yang nano nano. Menu kuliner ini di sajikan dengan bumbu sambal yang pedas yang bercampur dengan masamnya jeruk nipis sehingga rasanya unik. Di lamongan hanya 1 tempat saja yang menjual kuliner bandeng colo ini. lokasi yang jual kuliner ini adalah beralamat di jl. sunan giri kota lamongan.

 

6. Es Dawet Siwalan

Image result for es dawet siwalan lamongan

Di Lamongan es dawet siwalan ini sudah sangat terkenal dan juga banyak peminatnya. Es dawet siwalan ini merupakan es yang menyegarkan dan juga banyak di jual di alun-alun kota lamongan.

 

7.  Asem Bandeng Cak Takim

Image result for Asem bandeng cak takim

Bandeng yang menjadi rekomendasi adalah asem bandeng Cak Takim, rasanya yang enak dan  memiliki kuah bening yang segar dan juga memiliki rasa yang maknyus. Daging bandengnya pun empuk dan lebih nikmati lagi jika disantap dengan nasi putih hangat. Lokasinya ada di dusun mojomanis tepatnya ada di desa lopang kec kembang tahu kabupaten lamongan.

 Oleh-oleh :

  • Wingko Babat Lamongan

Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko sangat terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue untuk oleh-oleh keluarga. Wingko biasanya berbentuk bundar biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.

  • Opak Ladu Lamongan

Opak Ladu merapakan salah satu jajanan tradisional di kota Lamongan Jawa Timur. Tidak sembarang orang yang bisa membuat jajanan ini meskipun orang asli Lamongan. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan gula pasir yang di goreng tanpa minyak (pasir) sehingga non kolestrol.

  • Putu Sawah

Makanan tradisional ini bentuknya bulat panjang dan berwarna hijau. Di dalam adonan tepung beras ketan ini tersembunyi isi dari kacang hijau. Sementara bagian luar ditaburi kelapa parut. “Ya, rasanya gurih, ndak manis karena tidak ada gulanya,”.

  • Kue Jumbreg

Kue ini adalah kue atau jajanan khan dari daerah Paciran Lamongan. Kue jumbreng biasanya juga dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Lamongan. Jumbreg menjadi sangat unik dan khas di Lamongan karena dibungkus oleh daun lontar (siwalan) yang dibentuk seperti terompet dan memiliki aroma yang khas.