Wisata Ziarah Jombang

0

Kota Jombang di Indonesia terkenal sebagai Kota Santri karena memang disinilah banyak tempat mencari ilmu agama atau yang biasa disebut dengan Pondok Pesantren. Dan selain itu, di Kota Santri ini juga banyak terdapat tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika hari libur tiba. Lokasi bisa dibilang strategis karena merupakan jalur lintas jawa yaitu Yogyakarta – Surabaya. Tempat wisata di Jombang sendiri beranekaragam bentuknya, mulai dari wisata kuliner, religi, alam serta sejarah.

Makam K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wachid Hasyim, K.H. Abdurrahman Wahid ( Gus Dur )

 

 

 

Tempat wisata di Indonesia terkhusus religi yang tidak pernah sepi dikunjungi adalah Makam Tebu Ireng ini. Disini terdapat 3 Ulama yang memiliki peran sangat penting dalam mengembangkan islam di Indonesia. Selain itu juga menjadi figur Pahwalan Nasional. Makam disini hampir setiap harinya penuh oleh jamaah dari seluruh indonesia untuk berziarah. Lokasinya juga cukup mudah dan terjangkau yaitu di Desa Cukir, Diwek, Jombang kawasan Ponpes Tebu Ireng.

Makam Pangeran Benowo

Pangeraan Benowo dulunya merupakan sosok yang mulia, rendah hati, tidak haus akan sebuah kekuasaan dan banyak berjasa untuk warga Desa Wonomerto, Wonosalam, Jombang yang mana di desa inilah di dimakamkan. Karena jasanya yang begitu banyak untuk warga sekitar, menjadikan makamnya pun sampai saat ini terjaga dengan baik dan selalu ramai diziarahi.

 

Makam Sayid Sulaiman

Perjuangan Sayid Sulaiman menjadikan Jawa Timur bernuansa religius memang tidak dipungkiri lagi. Dan kini, makamnya pun ramai dikunjungi oleh peziarah maupun orang yang mempunyai hajat tertentu seperti mendapatkan jodoh. Entah kebenarannya, namun puncak keramainan di makam ini ada pada malam jumat. Dan untuk anda yang mau kesana, langsung saja menuju ke Desa Mancilan, Mojoagung, Jombang.

Wisata Religi Makam Sayid Sulaiman Basyaiban

Makanan Khas Jombang :

makanan khas di Jombang ini? pasti anda penasaran, untuk itu simak saja 5 makanan khas di jombang yang terkenal di bawah ini:

1. Kikil Khas Jombang

5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal
Kikil sendiri adalah kakinya sapi atau kerbau. kikil ini merupakan baan dasar makanan khas kiki jombang ini, Kikil dimasak dengan suhu tinggi dan dengan waktu yang lumayan lama, ditambah dengan bumbu-bumbu khas, dikasih santan dan bahan-bahan pendukung. Jadilah makanan khas kikil Jombang. Kikil ini akan terasa lebih enak jika dimakan pakai nasi. Untuk tambahan nasi kikil ditambah dengan kering tempe atau tahu, diberi sayur bung/bambu yang masi muda dan empal daging atau jeroan sapi yang dimasak bacem. Dalam penyajiannya menggunakan daun pisang yang dibentuk pincuk.
2. Es Degan khas Jombang
5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal
Es degan khas jombang ini berbahan dasar Buah dari kelapa muda yang diserut kemudian diberi gula dan es. Yang menjadikan khasnya Es degan ini mendapat bahan tambahan yang berupa nata de coco, alpukat, dan durian yang dilengkapi dengan susu cair.Tambahan-tambahan khas tersebut yang membuat es ini terasa nikmat.
3. Pecel Rengkek 
5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal
Pecel rengkek, pasti anda bertanya-tanya apa sih rengkek itu?? nama makanan khas pecel dini di ambil dari asal penjualnya yang kesemuanya kaum ibu paruh baya membawa semacam box yang terbuat dari kayu dan tripleks, yang orang-orang terkadang juga menyebut box ini dengan ronjot, ditaruh di atas sepeda atau sepeda motor. Tempatnya itu di namakan rengkek, Nasi pecel ini di sajika dengan pincuk yang menjadikan uniknya makanan ini.
4. Sego Sadukan
5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal
Sego Sadukan ini ialah nasi bungkus yang isinya sekepal nasi, ada mie, lauk tahu-tempe diiris kecil-kecil, dan kadang-kadang ada tambahan ikan teri di dalamnya. Sadhukan artinya tendangan, mungkin karena porsinya yang minimalize itulah dinamakan Sego Sadhukan, sekali tendang langsung bisa mencelat jauh atau sekali santap langsung habis.
5. Soto Dok

Soto daging ini sungguh menarik, dengan aroma yang menggugah selera dan beberapa potongan daging yang ada di mangkuk soto, sungguh nikmat rasanya. Selain itu juga disediakan lauk berupa berbagai macam daging atau empal dan jeroan goreng antara lain usus sapi, hati sapi, babat, paru dan lain-lain yang disajikan terpisah dengan nasi soto daging.

yang menarik, jawabannya masih simpang siur, namun yang pasti disebut Soto Dok, karena setelah penjual menuang kecap untuk soto dari botol kecap ke mangkuk, cara meletakkan botol kecap tersebut dengan menggebrak botol ke meja sampai menimbulkan bunyi yang keras …bunyinya “Jedooook”. Jadi jangan kaget bila mendengar suara jedook ini.

Oleh-oleh :

1. Onde-onde Kacang Merah
5 Makanan Khas Jombang Yang Terkenal
Onde-onde Kacang Merah ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang ditaburi dengan wijen, untuk dalamnya diisi dengan kacang merah. Makanan khas ini sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh sewaktu anda berkunjung ke jombang.
2. Limun Temulawak & Coffee Beer Ngoro
Image result for Limun Temulawak & Coffee Beer Ngoro
Minuman berkarbonasi ini juga merupakan icon minuman Jombang. Meski tergerus pasarnya oleh jejaring bisnis minuman karbonasi asing, LIMUN NGORO masih tetap bertahan. Di segmen yang menyempit. Kini, peredarannya menyebar di kecamatan pinggiran Jombang.
3. Kecap  JombangImage result for KECAP JOMBANG
Oleh-oleh Jombang? Kecap salah satunya.

Yang mau nambahi tempat yang enak buat makan dan masakan yang enak banget