Wisata Ziarah Banten

0

Wisata Ziarah Banten – Indonesia merupakan sebuah negara yang di dalamnya terdapat banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik baik bagi para wisatawan lokal maupun internasional. Jenis dan macam dari tempat wisata di Indonesia juga sangat bervariasi, salah satu jenis tempat wisata yang menarik bagi masyarakat Indonesia adalah wisata ziarah.

Wisata ziarah di Indonesia memang cukup banyak, salah satu tempat wisata ziarah yang paling populer dan terkenal adalah wisata ziarah banten. Apakah anda tahu jika sebenarnya kebanyakan dari wisata ziarah yang ada di Indonesia ini merupakan sebuah makam yang di sakralkan oleh masyarakat sekitar? Tidak berbeda dengan tempat wisata ziarah banten yang akan kita bahas sesaat lagi.

Kebanyakan di tempat wisata ziarah banten ini merupakan sebuah makam tokoh yang dulunya adalah penyebar ajaran islam, banyak masyarakat banten dan masyarakat di luar banten yang datang untuk berziarah di tempat wisata ziarah banten ini. Mungkin akan menjadi pengalaman tersendiri bagi anda yang ingin berwisata ke banten dengan mendatangi tempat wisata ziarah di banten ini.

Daftar Tempat Wisata Ziarah Banten Paling Populer dan Terkenal

  1. Makam Syekh Tubagus Achmad

Makam Syekh Tubagus Achmad

merupakan sebuah tempat wisata ziarah banten yang terkenal dan populer dengan nama Makam Syekh Tubagus Achmad. Banyak orang yang mengenang ulama besar yang ada pada saat masa kesultanan Abul Mahasim Zainal Abidin ini. Dulunya Syekh Tubagus Achmad ini merupakan seorang penyebar agama islam dan juga terkenal sangat di segani di Banten.

Tidak hanya sebagai seorang penyebar agama islam saja, akan tetapi Syekh Tubagus Achmad juga di kenal sebagai sosok pembela kaum lemah. Bangunan sejarah islam ini sangat sakral dan tentu akan menjadi pengalaman berziarah tersendiri bagi anda . Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ziarah banten yang satu ini anda bisa datang ke Komplek Masjid Agung Banten.

  1. Komplek Makam Sultan Maulana Yusuf

Komplek Makam Sultan Maulana Yusuf

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ada lagi sebuah tempat wisata ziarah di banten yang tidak kalah menariknya dari tempat wisata ziarah yang berada di tempat lainnya. Komplek Makam Sultan Maulana Yusuf merupakan sebuah tempat wisata ziarah yang sangat ramai di kunjungi oleh banyak masyarakat yang berada di sekitarnya atau bahkan banyak masyarakat luar kota yang datang ke Komplek Makam Sultan Maulana Yusuf ini untuk berwisata ziarah di banten.

Sebenarnya Sultan Maulana Yusuf ini adalah seorang putra dari Sultan Maulana Hasanuddin, jadi Sultan Maulana Yusuf ini merupakan orang yang sangat berpengaruh di Banten. Salah satu hal yang membuat Sultan Maulana Yusuf menjadi berpengaruh di Banten adalah beliau memajukan perekonomian di Banten, yakni di bidang pertanian sehingga perekonomian di Banten menjadi sangat baik. Bagi yang tertarik ke Komplek Makam Sultan Maulana Yusuf, silahkan datang ke Sunyatan, Pekalangan Gede, Kasemen, Serang, Banten.

  1. Komplek Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

Komplek Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah tempat wisata ziarah banten yang tidak kalah populer dan terkenal di Banten. Tempat wisata ziarah yang satu ini dikenal dengan nama Komplek Makam Syekh Maulana Mansyuruddin. Apakah anda tahu siapakah sosok Syekh Maulana Mansyuruddin ini? Beliau merupakan seorang sultan ke-7 Banten dan beliau merupakan pengganti dari sultan sebelumnya yakni ayahnya sendiri Sultan Agung Abdul Fatah Tirtayasa.

Syekh Maulana Mansyuruddin ini merupakan seorang ulama besar yang ada di Banten, selain sebagai seorang sultan yang menyebarkan ajaran islam, ternyata Syekh Maulana Mansyuruddin ini juga merupakan seorang yang sangat di hormati oleh masyarakat Banten dan sekitarnya. Oleh karena itu masyarakat Banten tentu saja mensakralkan makam dari Syekh Maulana Mansyuruddin yang ada sumber mata airnya ini, bagi anda yang tertarik untuk berziarah? Silahkan datang ke Cikadueun, Pandeglang, Banten.

  1. Makam Syekh Muhammad Sholeh

Makam Syekh Muhammad Sholeh

 

 

 

 

 

 

 

 

Tempat wisata ziarah di banten yang berikutnya adalah sebuah tempat yang rasanya sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang yang gemar wisata ziarah di sekitar Banten. Tempat wisata yang satu ini terkenal dengan nama Makam Syekh Muhammad Sholeh yang merupakan sebuah makam dari santri sunan ampel yang bernama Syekh Muhammad Sholeh yang dulu katanya bisa menyerupai bentuk ayam jago sungguhan.

Tentu saja Syekh Muhammad Sholeh  mendapatkan ilmu tersebut di karenakan kuasa dari Allah SWT. Mungkin karena cerita tersebutlah yang membuat dari Makam Syekh Muhammad Sholeh ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sehingga tempat ini ramai pengunjung. Sebelum meninggal, Syekh Muhammad Sholeh meminta pada santrinya untuk di makamkan di Gunung Santri yang berada di Desa Bojonegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten.

  1. Caringin Makam Dari KH Asnawi

Caringin Makam Dari KH Asnawi

 

 

 

 

 

 

 

 

Ada lagi sebuah tempat wisata ziarah banten yang tidak kalah populer dengan tempat ziarah di banten yang lainnya. Sesuai dengan judul dari poin artikel ini, Caringin ini merupakan Makam Dari KH Asnawi. Menurut cerita yang beredar, KH Asnawi ini di lahirkan di Kampung Caringin yakni pada tahun 1850 yang lalu, dan ternyata KH Asnawi ini masih ada keturunan dari Raden Fattah yang namanya memang sudah sangat tersohor di nusantara ini.

Apabila anda ingin ke tempat wisata ziarah banten yang satu ini anda wajib untuk datang ke Kecamatan Labuan Pandegalang Banten.Tempatnya memang sangat ramai di kunjungi oleh pezirah dari berbagai tempat, mungkin cerita dari masyarakat tentang KH Asnawi yang merupakan ulama sakti inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk datang ke tempat wisata ziarah banten yang berada di kecamatan Labuan Pandegalang Banten ini.

  1. Makam Sultan Maulana Hasanuddin

Hasil gambar untuk banten

Untuk tempat wisata ziarah di Banten yang satu ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi anda para pencinta ziarah yang berada di Banten, pasalnya sebuah tempat ziarah Banten yang terkenal dengan nama Makam Sultan Maulana Hasanuddin ini merupakan sebuah tempat wisata ziarah yang sang populer. Kenapa Makam Sultan Maulana Hasanuddin ini begitu ramai pengunjung, mungkin hal ini di sebabkan karena dulu Sultan Maulana Hasanuddin ini sangat berpengaruh dalam penyebaran agama islam di Banten.

Makam Sultan Maulana Hasanuddin yang merupakan tempat wisata ziarah banten ini terletak di sebelah barat alun-alun banten, yang lebih tepatnya yakni berada di Masjid Agung Banten. Dan ternyata Masjid Agung Banten ini juga merupakan sebuah masjid yang di dirikan pada masa Sultan Maulana Hasanuddin. Mulai dari tahun 1566 hingga saat ini masjid yang satu ini masih ada. Di Masjid Agung Banten inilah merupakan tempat wisata ziarah banten paling populer.

Kuliner Banten

  1. Laksa Tanggerang
    Hasil gambar untuk laksa tangerang
    Laksa khas Tanggerang adalah sejenis mie atau bihun yang disiram dengan kuah. Laksa terbuat dari tepung beras dengan tekstur kenyal dan gepeng mirip spaghetti.Sedangkan kuahnya merupakan perpaduan dari santan yang dimasak dengan kacang hijau, kentang dan kaldu ayam. Laksa Tangereng juga disajikan dengan daging ayam yang di rajang kecil-kecil atau telur.
  2. Sate BandengSesuai dengan namanya, sate ini dibuat dengan bahan dasar Bandeng. Akan tetapi, tak perlu khawatir dengan banyaknya duri yang terdapat dalam daging ikan ini, karena daging ikan bandeng pada sate ini sudah bersih dari durinya.

    Dengan bumbu yang nikmat dan daging ikan yang lezat sehingga menciptakan perpaduan rasa yang manis dan gurih, maka sudah selayaknya kuliner khas Serang ini banyak digemari para penduduk dan wisatawan dan kerap kali dijadikan oleh-oleh.

  3. Rabeg Banten
    Hasil gambar untuk Rabeg Banten
    Makanan khas Banten satu ini hampir dapat ditemui di berbagai daerah dan tempat di Banten. Rabeg adalah daging dan jeroan kambing yang diolah dengan bumbu-bumbu penyedap yang terdiri dari lengkuas, lada, kayu manis, jahe dan penyedap alami lainnya sehingga mencipatakan rasa manis dan gurih sekaligus pedas.Karena berbahan dasar daging kambing, maka bagi Anda yang mengidap kolesterol tinggi wajib hukumnya untuk bisa menahan diri. Namun begitu, godaan Rabeg Banten memang sungguh besar, jika tak kuat iman traveler bisa kalap.
  4. Nasi Sum-sumHasil gambar untuk Nasi Sum-sum
    Nasi Sum-sum merupakan nasi yang dicampur dengan sum-sum tulang kerbau yang dimasak dengan cara dibakar. Nasi dan bumbu sum-sum tulang kerbau dimasak secara terpisah, lalu dicampurkan dengan cara menggorengnya.Setelah digoreng, campuran nasi dan sum-sum lalu dibungkus daun pisang untuk kemudian dibakar. Kuliner khas Banten ini mempunyai citarasa yang lezat, gurih dan nikmat. Makanan andalan daerah Serang ini sudah terbilang langka, meski begitu masih ada beberapa rumah makan di daerah Serang yang menjualnya.
  5. Angeun ladaHasil gambar untuk angeun lada

Angeun Lada adalah makanan olahan jerohan sapi yang sangat terkenal di daerah Banten khususnya daerah serang selatan sekitar Pandeglang dan lebak. Di daerah tersebut Angeun Lada merupakan menu wajib untuk sajian keluarga terutama pada saat perayaan hari besar seperti lebaran maupun saat acara-acara penting keluarga. Sesuatu yang membuat hidangan masakan ini menjadi khas adalah campuran daun walang atau daun Kecombrang yang membuat masakan menjadi beraroma kuat dan khas. Daun ini disebut daun walang karena aromanya sangat kuat seperti bau dari serangga seperti walang sangit.

Oleh-oleh

  1. Bolu Tape Benteng
    bolu-tape-benteng-maksindotangerang
    Bolu tape benteng merupakan jajanan khas kota Tangerang. Kue ini memang asli diproduksi dari kota tangerang. Kue bolu benteng dibuat menggunakan bahan dasar yang berkualitas sehingga bisa mendapatkan kue yang nikmat dan enak. Bolu benteng ini dibuat dari tepung dan tape. Biasanya bolu benteng dinikmati bersamaan dengan teh hangat dan juga kopi. Jika ingin mendapatkan bolu tape benteng, Anda bisa datang ke kota Tangerang.
  2. Kue Gipang
    kue-gipang-maksindotangerang
    Kue gipang memang menjadi sebagian dari oleh oleh khas dari kota Tangerang. Jajanan ini memang memiliki cita rasa yang renyah, manis dan sedkit lengket karena jajanan ini terbuat dari ketan yang kemudian dicampur dengan air gula. Meski kue gipang dibuat dengan bahan yang sederhana namun cita rasanya tak kalah dengan jajanan yang lain. Kue gipang kini juga tersajikan dengan varian rasa mulai dari rasa gula merah maupun rasa pandan.
  3. .Ceplis
    ceplis-maksindotangerang
    Ceplis merupakan camilan yang dapat dijadikan sebagai oleh oleh khas Tangerang. Cpelis memang memiliki rasa yang enak dan gurih. Ceplis ini dibuat menggunakan bahan dasar melinjo khas banten. Ceplis ini memang memiliki rasa yang tidak jauh beda dengan emping, bahkan lebih gurih dan lebih enak ceplis. Camilan ini memiliki bentul bulat kecil-kecil namun gurihnya sangat terasa sekali jika dinikmati, bahkan mampu membuat penikmatnya menjadi ketagihan. Untuk mendapatkan ceplis sendiri juga tidaklah sulit, apalagi jika Anda berkunjung di kota tangerang pasti sangat mudah mendapatkan jajanan satu ini.
  4. Sate Bandeng
    sate-bandeng-maksindotangerang
    Sate bandeng merupakan salah satu jenis panganan yang cukup populer di kota Tangerang. Makanan ini memiliki cita rasa yang begitu luar biasa dan cukup menarik bagi para pengunjung. Sate ini memiliki cara pengolahan yang berbeda dengan sate yang lain. Sate ini dibuat menggunakan bahan baku ikan bandeng yang kemudian dibumbui dengan perpaduan bumbu yang pas sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang begitu luar biasa nikmatnya. Biasanya sate bandeng khas tangerang ini dijual dengan harga sekitar Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000 dalam satu bungkusnya.
  5. Kue jorong
    kue-jorong-jorong-maksindotangerang

    Kue jorong merupakan salah satu dari jenis kue yang khas dari kota Tangerang. Kue ini dibuat dengan cara manual sehingga memiliki cita rasa yang khas. Jajanan kue jojorong ini juga tergolong oleh oleh yang berasal dari kota tangerang yang memiliki nilai cukup tinggi. Anda bisa menjadikan kue jojorong ini sebagai jajanan untuk dibawa pulang kerumah. Kue jorong dibuat menggunakan bahan dasar tepung beras, tepung kanji dan gula merah. Panganan satu ini selain memiliki cita rasa yang nikmat juga memiliki harga yang terjangkau.
  6. .Bontot
    bontot-maksindotangerang
    Bontot merupakan salah satu camilan yang cukup populer di kota tangerang, yang lebih tepatnya di daerah banten. Makanan ini dibuat dari tepung aci yang kemudian dicampur dengan ikan maupun terasi sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang cukup nikmat. Bontot juga sangat sesuai dinikmati disaat pagi hari bersama keluarga. Untuk mendapatkan makanan ini memang bukan menjadi suatu hal yang sulit sebab makanan ini kini bisa didapatkan di tempat yang menjual bontot di kota Tangerang.
  7. .Cecuer
    cecuer-maksindotangerangKota tangerang juga memiliki kudapan yang cukup populer dimasyarakat. Salah satunya cecuer. Makanan ini cukup identik dengan warna hijau ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan perasan daun suji. Cecuer ini akan terasa lebih nikmat lagi jika disajikan dengan ampas dari parutan kelapa. Tekturnya yang kenyal dan gurih pasti bisa membuat penikmatnya menjadi ketagihan.